Sukses

Lifestyle

Ciri Khas Masakan di Jawa, Mulai Dari Manis Hingga Gurih Pedas

Indonesia merupakan salah satu negara dengan keragaman budaya, kuliner dan berbagai hal lainnya. Jangankan di seluruh Indonesia, mengenai kuliner, di pulau Jawa saja sudah memiliki ciri khas masing-masing yang berbeda antara daerah satu dengan lainnya.

Di beberapa kota atau kabupaten di Jawa, masakannya cenderung manis dan gurih. Tapi di kota atau kabupaten lainnya, akan ditemukan masakan yang asin, gurih sekaligus pedas. Jika kamu adalah penggemar kuliner dari berbagai daerah, kamu pasti bisa membedakan apa yang menjadi ciri khas masakan dari masing-masing daerah khususnya di Jawa.

Masakan Jawa Timur
Kita mulai dari masakan khas Jawa Timur. Umumnya, masakan khas Jawa Timur khususnya di kota Surabaya dan di sekitarnya memiliki rasa cukup asin dan pedas. Petis dan terasi banyak digunakan sebagai pemberi rasa pada setiap masakan. Umumnya, masakan di daerah ini dimasak hingga benar-benar matang dengan cara dikukus, dibakar atau dipepes. Makanan paling khas dan populer dari Jawa Timur adalah rujak cingur, tahu campur, lodho ayam dan tahu tek.

Masakan Jawa Tengah
Masakan di daerah ini banyak terpengaruh dari masakan nenek moyang di kerajaan kuno Yogyakarta dan Surakarta yang memiliki ciri khas manis dan kurang pedas. Banyak menggunakan bumbu bawang putih, sedikit gula merah dan rempah juga santan, menjadikan masakan dari daerah ini memiliki rasa yang sangat khas serta cocok untuk semua lidah yang tidak suka pedas. Beberapa makanan yang populer dari Jawa Tengah adalah gudek, soto kudus, dan masakan bacem.

Masakan Jawa Barat (Sunda)
Masakan dari Jawa Barat atau masakan Sunda biasanya dikenal selalu dilengkapi dengan lalapan segar. Masakan ini juga sering menggunakan bumbu dasar putih dan kuning. Rempah yang tak boleh ketinggalan adalah batang serai, daun salam dan lengkuas. Agar masakan dari daerah ini memiliki rasa nikmat dan aroma menggugah selera, masakan biasanya dimasak dengan cara dikepul, dipanggang atau dikukus dengan dibungkus daun pisang. Agar rasa setiap masakan juga semakin nendang, sambal umum disandingkan dengannya. Makanan yang terkenal dari Sunda adalah nasi timbel, nasi liwet, nasi tutug oncom, dan pepes.

Masakan Jakarta (Betawi)
Karena mendapat banyak pengaruh dari para pendatang seperti Portugis, Belanda, Arab dan Tionghoa, makanan khas Jakarta atau Betawi identik dengan rasa gurih namun tidak terlalu pedas. Rempah yang sering digunakan untuk bumbu masakan antara lain adalah lengkuas, jahe, daun salam dan batang serai. Cara memasak yang umum digunakan adalah direbus dan digoreng. Beberapa masakan Betawi yang paling populer antara lain adalah asinan betawi, soto betawi, karedok dan ketoprak.

Itulah beberapa ciri khas masakan yang ada di Jawa. Kalau kamu, bagaimana nih ciri khas makanan di daerah kamu? Jangan lupa share di kolom komentar dan ceritakan pengalamanmu.




(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading