Sukses

Lifestyle

5 Hal yang Harus Ditulis di CV untuk Meningkatkan Peluang Diterima Kerja

Zaman sekarang mencari pekerjaan makin susah. Banyak saingan dan banyak kandidat yang lebih berpengalaman. Buat yang baru lulus apalagi, belum punya pengalaman apa-apa akan lebih menyulitkan untuk bisa mendapat kerja.

Tapi selalu ada cara dan usaha yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang mendapat pekerjaan. Langkah pertamanya adalah dengan membuat CV yang baik. Bagaimana pun sebuah perusahaan akan melihat CV atau resume pelamar terlebih dahulu sebelum meloloskannya ke langkah seleksi berikutnya. Lalu CV yang bagus itu seperti apa? CV yang bagus itu setidaknya memuat lima hal penting ini.

Informasi Kontak Lengkap dan Jelas
Lengkap di sini bukan berarti kamu harus memasukkan semua nomor telepon yang kamu punya. Cukup cantumkan nomor telepon yang memang sering kamu pakai. Agar pihak perusahaan tidak bingung. Begitu pula alamat email, alamat rumah (bila perlu), link akun media sosial, semua perlu ditulis dengan lengkap dan jelas. Intinya buat pembaca bisa menemukan cara termudah untuk mengontak atau menghubungimu.

Profil Diri dengan Narasi Padat dan Menarik
Buat satu paragraf padat yang menggambarkan soal profil dirimu yang sekiranya memang pas dan sesuai dengan yang dicari oleh perusahaan tersebut. Mulai dari nama, lulusan apa, punya pengalaman apa saja sebelumnya, dan karakter positif atau kelebihan yang kamu punya. Profil diri ini nantinya bisa membuat CV-mu terlihat berbeda dari lainnya.

Membuat CV yang bagus memang perlu usaha lebih./Copyright pexels.com

Kata Kunci tentang Posisi yang Kamu Lamar
Jangan sampai CV yang kamu buat itu hasil copy paste dari CV yang lain. Cantumkan beberapa kata kunci yang berhubungan dengan posisi yang kamu lamar. Jangan cuma menulisnya, "Saya mengajukan lamaran untuk posisi pekerjaan baru di perusahaan Anda." Sebutkan juga perusahaan yang kamu tuju. Jelaskan juga semangat dan ambisimu untuk mendapat posisi pekerjaan tersebut. Sehingga ada kesan personal dan bukti kalau kamu sungguh-sungguh untuk bisa mendapatkan pekerjaan tersebut.

Prestasi dan Pencapaian
Nggak harus semua prestasi perlu kamu cantumkan. Nggak semau pencapaian harus dituliskan. Cantumkan saja prestasi dan pencapaian yang ada hubungannya atau sebidang dengan posisi pekerjaan yang kamu lamar. Dengan begini, calon pewawancara akan lebih mudah untuk menyeleksi dan meloloskanmu ke tahap berikutnya.

Pengalaman-Pengalaman Non-Akademik
Pernah punya pengalaman di organisasi? Pernah punya pengalaman membuat proyek dengan komunitas lain? Punya pengalaman mengikuti seminar atau training yang masih ada kaitannya dengan bidang pekerjaan yang kamu lamar? Perlu juga semua itu dicantumkan. Pengalaman-pengalaman akademik yang kamu punya ini nantinya dijamin bisa membuatmu lebih menonjol dibandingkan kandidat lain.

Sekarang, sudah siap untuk semangat kembali melamar pekerjaan? Semoga kamu bisa mendapat pekerjaan terbaik yang selama ini kamu impikan, ya ladies.





(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading