Sukses

Lifestyle

Ikut Ujian Masuk Perguruan Tinggi Sambil Gendong Bayi, Kisah Ibu Ini Viral

Foto ibu muda yang menggendong buah hatinya sambil mengikuti ujian masuk perguruan tinggi ini diambil oleh seorang profesor di Universitas Nasir Khusraw di Afghanistan. Foto ini diambil pada bulan Februari 2018 dan menjadi viral di kalangan netizen setelah diunggah ke sosial media.

Dilansir dari laman news.com, ibu tersebut adalah Jahantab Ahmadi, seorang ibu yang dikenal memiliki semangat tinggi untuk mendapatkan pendidikan terbaiknya meski usianya terus bertambah setiap harinya. Jahantab adalah seorang ibu muda yang masih berusia 25 tahun yang tinggal di sebuah desa terpencil di Afaghanistan.

Jahantab Ahmadi bersama buah hatinya/copyright AFP PHOTO/ Yahya Erfan

Berkat fotonya yang viral di sosial media, kini banyak netizen yang menawarkan bantuan untuk Jahantab. Banyak netizen yang merasa kagum, terharu juga terenyuh dengan perjuangan ibu muda ini demi dapatkan hidup yang lebih baik dan maju ke depannya.

Mengenai fotonya yang viral, Jahantab mengaku bahwa awalnya ia tidak sadar. Hingga seorang tetangganya memberitahunya. "Temanku di desa mengatakan "kamu difoto dan viral." Awalnya aku ragu, mana mungkin itu fotoku, aku tidak sadar ada yang mengambil fotoku. Temanku lalu memberi tahu mungkin saja saat itu aku terlalu fokus sehingga tak sadar ada yang mengambil fotoku," ungkap Jahantab.

Saat mengkuti ujian, Jahantab awalnya duduk di meja seperti teman-temannya yang lain. Tapi bayinya terus menangis karena telinganya sedang sakit. Ibu ini kemudian duduk di lantai dan memastikan buah hatinya jadi lebih nyaman dan tenang. Cara itu rupanya bisa membuat ia fokus menjaga bayinya sambil terus mengerjakan soal ujian.

Jahantab adalah wanita tangguh yang memiliki cita-cita mulia/copyright AFP PHOTO/ Yahya Erfan

"Saat itu aku harus fokus pada bayiku dan mengerjakan ujian. Aku tidak ingin kuliahku putus. Aku ingin bekerja di luar rumah. Aku ingin menjadi dokter dan membantu perempuan-perempuan yang ada di daerah di mana aku tinggal. Aku ingin hidupku lebih maju dan bermanfaat bagi banyak orang," jelas Jahantab.

Rupanya, perjuangan Jahantab tak berakhir sia-sia. Ia dinyatakan lolos dalam ujian. Banyak netizen yang juga memberikan bantuan untuknya. Salah satu bantuan datang dari kampanye dana sosial GoFoundMe yang dibuat Afghan Youth Association. Sejauh ini, dana yang terkumpul untuk Jahantab sudah mencapai Rp190 juta. Rencananya, dana itu akan digunakan untuk biaya kuliahnya.

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading