Sukses

Lifestyle

Must Read: 6 Pertanyaan Penting Penentu Kamu Diterima Kerja

Proses wawancara adalah tahapan yang paling menentukan seseorang bakal diterima kerja atau tidak. Bagi kamu yang baru saja lulus dan akan mencari pekerjaan, tahapan yang satu ini bakal jadi yang menegangkan. Ini karena kamu tak tahu tak tahu pertanyaan apa yang akan ditanyakan oleh perusahaan saat wawancara kerja. Salah-salah jawab justru dapat membuatmu gagal diterima.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang paling sering ditanyakan pada fresh graduate. Ssst, ada cara menjawabnya juga lho Ladies.

1. Bisa ceritakan tentang dirimu?
Pertanyaan ini terdengar remeh memang. Namun sebenarnya pertanyaan ini bertujuan untuk mencari tahu apakah kamu adalah orang yang sudah mengenal dirimu sendiri atau belum. Tidak apa-apa kalau mau cerita tentang hobimu, tapi kemudian tonjolkan juga apa yang menjadi kelebihan hobimu itu. Kalau mau cerita bahwa kamu pernah mengalami kegagalan besar dalam hidup juga boleh. Tapi beritahu pewawancara pelajaran apa yang dipetik dari kegagalan tersebut.

2. Kelebihan dan kekurangan
Pertanyaan soal kelebihan dan kekurangan memang sering membuat banyak orang bingung karena jika salah menjawab justru bisa membuatmu tidak diterima. Pertanyaan ini bertujuan untuk mengevaluasi kejujuran dan tingkat kepercayaan diri. Banyak orang dengan lancar mampu menjawab kelebihannya namun tidak dengan kekurangannya. Pertanyaan ini cukup tricky dan jika kamu salah kamu bakal gagal dalam wawancara tersebut. Jangan mengulangi jawaban dari buku atau internet hingga memberi jawaban yang terkesan dibuat-buat. Karena pewawancara akan dengan mudah mengetahuinya. Saat ditanya soal kelemahan jawablah apa adanya tapi ungkapkan juga bahwa kelemahan tersebut bisa kamu siasati dan bisa jadi kekuatanmu. Kuncinya adalah mengubah karakter negatif menjadi positif saat wawancara kerja.

3.  Apa alasanmu melamar di perusahaan ini?
Pertanyaan ini bisa menjadi kesempatan untuk ‘mempromosikan’ diri lho. Tapi ingat jangan berlebihan, karena pewawancara biasanya akan mengetahuinya. Jawablah dengan jawaban yang  jujur, bijak dan bisa membuatmu tampak produktif. Sebelum wawancara ketahui soal background perusahaan. Tidak hanya itu, hindari menjelek-jelekkan perusahaan lain karena hal itu justru bisa dianggap sebagai hal negatif oleh pihak yang mewawancarai.

4. Mengapa kamu harus mempekerjakanmu?
Sekali lagi ini adalah pertanyaan yang tricky dan rumit. Jangan berlebihan dalam mempromosikan dirimu. Jika kamu melebih-lebihkan, perusahaan umumnya akan mengetahuinya dan berujung enggan menerimamu. Jika kamu merendah, kamu bakal dianggap tak percaya diri. Karena itu, ceritakan aja kualifikasi dan kontribusi yang bisa kamu berikan kepada perusahaan dengan bakat dan kemampuan yang dimiliki. Tunjukkan juga bahwa kamu punya minat yang besar dan antusias untuk bekerja dengan baik.

5. Gaji yang diinginkan
Soal gaji ini juga jadi pertimbangan yang besar. Sebelum mengajukan permintaan gaji sebaiknya cari tahu dulu berapa estimasi gaji untuk pekerjaan tersebut. Buka aja situs-situs lowongan yang memberi info gaji-gaji di Indonesia.

6. Apa ada pertanyaan?
Setelah wawancara biasanya pewawancara akan melontarkan pertanyaan ini. Berikan kesan baik pada mereka dengan menanyakan kepada pihak perusahaan tentang job desk secara detail. Atau bagaimana dengan culture perusahaannya, hingga keuntungan yang akan didapatkan. Ini akan menunjukkan kalau kamu mendengarkan dan tertarik betul dengan perusahaan tersebut.

Semoga informasi ini bermanfaat untukmu ya Ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading