Sukses

Lifestyle

Persiapan Mudik, Hati-Hati di Jalan yang Rawan Alami Kemacetan Ladies

Marhaban ya Ramadan. Tak terasa, hari ini umat muslim telah sampai pada hari ke 24 Ramadan. Itu artinya, lebaran tinggal menghitung hari. Dan artinya juga, persiapan mudik sudah mulai dilakukan sejak hari ini.

Libur panjang lebaran tahun ini cukup membuat kita bisa mudik lebih cepat. Setidaknya, ini juga membuat kita bisa lebih santai untuk menempuh perjalanan menuju kampung halaman atau rumah sanak saudara di luar kota. Sebelum benar-benar berangkat mudik, perhatikan segala persiapan untuk mudik ya ladies.

Ketahui dan perhatikan juga jalur mudik yang rawan alami kemacetan. Dilansir dari laman Liputan6.com, Badan Pengelola Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah merilis titik rawan mavet mudik lebaran 2018. Salah satu titik rawan yang mengalami kemacetan adalah Gerbang Tol (GT) Cikarang Utama, Jawa Barat.

Diperkirakan, pemudik tahun ini meningkat dibandingkan pemudik di tahun-tahun sebelumnya. Puncak arus mudik akan terjadi pada H-6 atau tepatnya tanggal 9 Juni 2018 yang tak lain adalah hari ini. Sedangkan untuk arus balik puncaknya akan terjadi pada tanggal 20 Juni 2018.

Dari laporan yang ada, beberapa titik rawan macet di jalur mudik antara lain adalah Merak di Serang Timur, pada Ruas Tol Jakarta-Cikampek titik rawan macet adalah Gerbang Tol Cikarang Utama, titik rawan macet selanjutnya adalah Gerbang Tol Ciawi, Gerbang Tol Palimanan, Gerbang Tol Sewaka, Ruas Fungsional di Batang-Semarang, Gerbang Tol Salatiga dan jalur lintas utara (Pantura).

Agar terhindar dari kemacetan, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menghimbau para pemudik agar tidak selalu mengandalkan jalur tol. Meski didesain untuk kelancaran para pengendara, saat musim mudik seperti ini ruas tol bisa saja lebih padat dari biasanya dan mengalami kemacetan. Ketika para pemudik memiliki jalur lain selain jalur tol, tidak ada salahnya untuk melewati jalur tersebut selama mudik.

Pemerintah sendiri saat ini telah menyiapkan berbagai jalur yang bisa digunakan para pemudik untuk mudik. "Pemudik bisa lewat jalur Pantura juga Pansela yang bagus untuk menghindari kemacetan," ungkap Budi.

Selamat mudik ya ladies. Selalu hati-hati dan pastikan mudik tahun ini sangatlah nyaman, aman dan menyenangkan.



(vem/mim)
PLAYLIST VIDEO 4 AGUSTUS 2021
Loading