Sukses

Lifestyle

Bukan Sembarang Pilih Warna, Ini Alasan Mengapa Warna Paspor Berbeda-beda

Ladies, untuk kamu yang biasa bepergian ke luar negeri, pastinya sudah nggak asing lagi dengan buku kecil yang wajib dibawa saat ke luar negeri. Tanpanya kita tidak bisa bepergian ke luar negeri. Yup, paspor!

Saat di bandara bersama wisatawan-wisatawan lain, coba perhatikan paspor mereka. Ada yang berwarna biru tua, merah tua ... sedangkan paspor Indonesia sendiri berwarna hijau tua. Kenapa ya berbeda-beda?

Ternyata, warna cover paspor itu ada maknanya masing-masing lho, Ladies. Bukan asal pilih. Dilansir dari rd.com, meski tidak ada aturan ketat secara internasional menyoal hal ini, warna-warna cover paspor dipilih bukan tanpa alasan. Umumnya, warna cover paspor mewakili simbol budaya, kepercayaan, agama atau preferensi politiknya.

Foto: copyright pixabay.com

Sebagai contoh, negara-negara Islam atau yang mayoritas memeluk agama Islam, umumnya memilih cover paspor berwarna hijau karena warna ini merupakan warna penting agama Islam. Negara anggota ECOWAS (the Economic Community of West African States) juga menggunakan warna hijau sebagai warna cover paspornya.

Sementara itu, negara-negara anggota Uni Eropa menggunakan warna burgundy sebagai warna cover paspornya.

Amerika adalah negara yang pernah berganti-ganti warna cover paspor. Mulai dari warna beige, hijau, berganti-ganti varias warna merah hingga akhirnya memutuskan memakai warna biru di tahun 1976. Warna biru yang dipilih pun merujuk pada warna biru bendera Amerika.

Satu hal menarik dari pemilihan warna paspor ini adalah semua warna yang dipilih merupakan shade warna gelap. Warna gelap dinilai tidak cepat kotor , memberikan kontras yang bagus dengan lambang negara dan terkesan lebih resmi.

Nah, sekarang sudah tidak penasaran lagi 'kan, Ladies? Semoga informasi ini menambah pengetahuanmu ya!

(vem/wnd)
Loading