Sukses

Lifestyle

Nak, Hal-Hal Inilah yang Ibu Lakukan untuk #JagainKamu Sampai Kamu Dewasa

Kadang dalam hidup ini, perempuan punya peran istimewa sebagai seorang penjaga. Meski kadang ujian hidup begitu berat tapi seorang perempuan bisa begitu tangguh menjalaninya. Seperti kisah sahabat Vemale dalam Lomba Menulis #JagainKamu ini. Ada cerita yang begitu menyentuh hati di dalamnya. Lomba menulis kali ini dipersembahkan oleh Softex Daun Sirih, yang selalu #JagainKamu para perempuan Indonesia.

***

Kehadiranmu adalah sebuah anugerah untukku, kau adalah malaikat kecilku yang Tuhan titipkan kepadaku dan kepada ayahmu. Tuhan telah mempercayakan kami berdua untuk menjagamu hingga besar nanti, hingga suatu saat ibu dan ayahmu meninggalkan dunia ini. Terlepas dari itu semua, ibu dan ayahmu hanya bisa mendoakanmu, kami berdua berharap semoga saja kau menjadi anak yang berguna bagi nusa dan bangsa ini.

Nak, bukan maksud apa-apa ibu menceritakan hal ini kepadamu. Ini hanya sebagian kecil saja yang ibu lakukan kepadamu, karena ibu juga memiliki ibu yang saat ini jadi nenekmu.Yang ibu rasakan bahwa jasa seorang ibu memang ngga bisa diukur, nggak ternilai dan nggak bisa dibalas dengan apapun itu, seperti pada lirik lagu bahwa kasih ibu tak terhingga sepanjang masa.

Beberapa hal ini ibu lakukan saat ibu masih muda, saat menikah, hamil, melahirkan dan saat kau masih kecil. Semua itu ibu lakukan demi menjagamu, si buah hatiku yang saat ini sudah dewasa.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/alex loup

Semacam surat pesan itu kukirimkan kepada anakku tercinta yang saat ini sudah beranjak dewasa, mungkin juga bunda-bunda di sini merasakan hal yang sama seperti yang saya rasakan saat ini. Bahwa jadi ibu yang baik itu tidak mudah, tapi juga tidak sulit-sulit amat. Banyak hal yang dilakukan untuk menjaga anak, belum menjaga suami, beres-beres rumah, masak. Banyak banget pekerjaan ibu. Benar kan, Bun?

Begitu juga ketika menjadi anak, karena saya juga dilahirkan sebagai seorang anak dari seorang ibu. Menjadi anak kadang seenaknya sendiri memperlakukan seorang ibu. Iya kan? Belum lagi semisal kita yang posisinya sebagai seorang anak sedang sakit, kasih sayang seorang ibu itu luar biasa hebatnya. Sampai-sampai tidak tidur lho seorang ibu itu jagain kita. Maka dari itu marilah kita berbakti kepada ibu kita masing-masing, jangan sampai berani melawan ibu ya. Karena waktu kita berbakti pada ibu itu sebentar, ketika sudah punya suami, maka suamilah tempat kita berbakti.

Tidak melupakan posisi saya sebagai seorang anak, sedikit cerita dibawah ini mengisahkan sedikit hal yang saya lakukan sebagai seorang ibu, khususnya dalam menjaga anak dari mulai belum menikah, sudah menikah, hamil, hingga lahir ke dunia ini. Let’s go mom, semoga menginspirasi.

Sebelum menikah, ibu selalu menjaga kesehatan reproduksi dengan 4 hal ini.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/frank mckenna

Seorang wanita harus menjaga kesehatan reproduksinya agar mengurangi resiko berbagai penyakit. Pasalnya dalam wanita terdapat tahim yang merupakan rumah dari sang bayi. Sistem reproduksi yang sehat juga mendukung keberhasilan dalam proses pembuahan, sehingga orang yang memiliki sistem reproduksi yang sehat akan lebih mudah atau cepat hamil. Siapa sih yang nggak pengen memiliki buah hati? Pasti pengen dong. Ibu dulu juga melakukan demikian, agar yang diidam0idamkan segera datang. Seingatku, ini cara ibu menjaga kesehatan reproduksi ketika masih muda.

Sering mengganti pembalut saat menstruasi.Saat menstruasi ibu sering mengganti pembalut, agar darah tidak tertimbun terlalu lama dalam pembalut yang dapat menyebabkan infeksi. Ibu juga memilih pembalut yang lembut agar tidak terjadi infeksi.

Jaga pergaulan.Masih ingat dulu, ibu sangat dijaga baik-baik oleh nenek agar selalu berhati-hati dan tidak terjerumus dalam pergaulan bebas. Pasalnya berbagai penyakit berbahaya seperti aids dan kanker serviks dapat diakibatkan oleh pergaulan yang terlalu bebas.  

Menghindari orang yang merokok.Rokok dapat berdampak negatif untuk kesehatan, sehingga ibu tidak suka dengan orang perokok. Jadi pastinya ibu belum pernah yang namanya merokok, minum-minuman beralkohol sampai narkoba.

Menjaga kebersihan organ reproduksi.Kebersihan organ reproduksi sangat menentukan kesehatan reproduksi seorang wanita. Dulu ibu juga rutin dalam menjaga organ reproduksi, seperti rutin mencukur bulu kemaluan, ganti celana dalam minimal dua kali sehari. Dan menghindari menggunakan celana dalam yang ketat.

Rajin olahraga dan menghindari konsumsi obat-obatan. Ibu rutin berolahraga agar tidak mudah terserang penyakit dan memiliki tubuh yang sehat. Ibu juga meyakini bahwa konsumsi obat-obatan akan berdampak kurang baik bagi tubuh. Semacam ketergantungan mungkin, jadi ibu usahakan agar tetap sehat dan tidak jatuh sakit dengan cara rutin berolahraga.

Kelima hal di atas ibu lakukan agar memiliki reproduksi yang sehat, sehingga ketika nanti sudah menikah. Dapat langsung hamil dan memiliki anak.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/jean pierre brungs

Setelah menikah kami berdua merencanakan kehamilan dengan baik, agar si buah hati datang tepat waktu.

Beberapa tahun setelah lulus SMA, bapakmu melamarku kemudian menikahi ibu. Kami kemudian melakukan program kehamilan atau rencana kehamilan dalam waktu 3 bulan. Iya, karena kami memang ingin segera memiliki buah hati. Program kehamilan yang kami lakukan tidak rumit, bahkan terbilang biasa-biasa saja seperti orang pada umumnya. Hanya saja kami lebih menekankan pada nutrisi agar proses pembuahan dapat terjadi dengan sempurna. Ini sekadar tips saja buat kalian bila sedang merencanakan kehamilan setelah menikah.

Konsultasi ke dokter kandungan.Ini yang perlu dilakukan setelah menikah apabila ingin merencanakan kehamilan dengan baik. Saya yakin kalian juga memiliki pertimbangan tersendiri, kapan waktu yang pas untuk hamil. Nah, itu perlu dikonsultasikan ke dokter kandungan, kira-kira kapan waktu yang pas, bagaimana kalau sekarang apakah sudah siap atau belum, terus dicek kondisi rahim bagaimana bila dilihat secara medis, bisa juga tes darah untuk menghindari risiko penyakit turunan.

Mengetahui masa subur.Agar kehamilan cepat datang, ketahui masa-masa subur dari kita para wanita. Usahakan berhubungan ketika masa-masa subur sehingga pembuahan akan terjadi. Mengenali masa subur juga berguna untuk menunda kehamilan, istilahnya program KB alami.

Bercinta di waktu yang tepat.Dengan bercinta di waktu masa subur, kemungkinan kehamilan akan lebih besar. Jadi kuncinya dua di atas, ketahui masa subur yang salah satunya dapat diketahui dengan konsultasikan ke dokter.

Suami juga harus mendukung program kehamilan kalian berdua.Seperti yang saya lakukan, saat itu suami saya paksa untuk makan sayur dan buah-buahan yang mengandung asam folat sehingga kualitas spermanya bagus. Jika suami kalian merokok atau minum alkohol, mending suruh berhenti aja deh.

Nikmati prosesnya.Namanya saja pengantin muda, ya harus dinikmati prosesnya. Walaupun ada yang sudah beberapa bulan belum diberi kehamilan, yang penting tetap nikmati prosesnya ya dan sabar terus. Jangan sampai itu malah membuat kamu stres.

Intinya kehamilan perlu direncanakan dengan baik, agar tidak kaget dan dapat disesuaikan dengan kondisi/faktor lain, pasti paham lah kalian, tak usah diperjelas. Dengan rencana kehamilan tersebut, alhamdulillah semua diberi kelancaran. Saya hamil dalam waktu sekitar 3 bulan setelah menikah.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/nine kopfer

Ketika hamil, berbagai cara ibu lakukan demi menjaga kesehatanmu dalam kandungan.

Kehamilan adalah kabar yang sangat membahagiakan bagi seorang pasangan suami istri, ketika kehamilan datang seorang ibu harus menjaga benar-benar kandungannya agar tidak terjadi hal-hal yang diinginkan. Hey nak, ini adalah beberapa yang ibu lakukan untuk menjagamu ketika dirimu masih di dalam kandungan, terutama ketika hamil muda.

Makanan dan susu.Seorang yang hamil muda haru menjaga makanan yang dimakan, jangan sampai memakan makanan yang dilarang bagi orang hamil. Hindari juga makanan yang membuat alergi. Untuk yang sedang hamil, biasanya pasti merasakan ngidam. Usahakan ngidamnya masih dalam tahap normal, jangan sampai ngidam makanan yang membahayakan janin seperti durian dalam jumlah banyak dll. Ketika hamil perbanyak makan makanan yang bergizi tinggi seperti sayur dan ikan. Lengkapi juga dengan susu untuk ibu hamil, untuk melengkapi gizi kandungan.

Menghindari rokok dan minuman beralkohol.Lagi-lagi dua hal ini, dua hal ini memang sangat tidak dianjurkan bagi wanita. Rokok dan alcohol sangat tidak bagus untuk perkembangan janin, jadi jangan coba-coba merokok saat hamil, dekat dengan orang yang merokok saja kalau bisa jangan dilakukan.

Mempererat hubungan dengan pasangan.Ini sangat penting mom, karena pasangan kitalah yang akan menemani kita sampai lahir dan selamanya nanti. Bila hubungannya renggang tentu akan menimbulkan stress, maka dari itu perlu mempererat hubungan dengan pasangan.

Mengetahui tanda-tanda bahaya kehamilan.Kita perlu mengetahui beberapa tanda-tanda kehamilan agar apabila ini terjadi, dapat dilakukan penanganan sebaik-baiknya. Tapi kami berharap ini tidak terjadi. Tanda-tanda bahaya ini seperti timbulnya flek, sampai pendarahan. Sebagai ibu hamil sebaiknya sering-sering membaca artikel tentang kehamilan.

Secara rutin periksa kandungan ke dokter.Ini yang dulu juga sering saya lakukan, ini berguna untuk memeriksakan kondisi dari janin yang ada di perut kita.

Emosi, kesehatan dan perilaku.Orang bilang perilaku kita berpengaruh terhadap bayi, kesehatan kita apalagi. Misal perilaku kita rajin, maka bayinya juga akan menjadi bayi yang rajin. Jadi ketika hamil, dibiasakan tuh kegiatan-kegiatan positif, + jaga kesehatan dan kendalikan emosi.

Baju tidak muat. Sudah pasti orang yang hamil perutnya akan membesar. Ini tentunya akan mengalami tidak muatnya beberapa baju yang dimiliki. Sehingga harus beli baju yang baru. Sekadar tips dari saya, pilihlah baju yang longgar untuk kenyamanan yang lebih baik.

Ilustrasi./Copyright unsplash.com/sharon mccutcheon

Menjelang kelahiran dan saat-saat menegangkan proses kelahiran anak pertama.

Ketika seorang ibu hamil tua, atau menjelang kelahiran maka ada beberapa yang harus dipersiapkan demi menjaga buah hati yang berada di kandungan. Beberapa hal yang saya lakukan saat itu antara lain:

Persiapan fisik dan mental menjelang lahiran. Ya, persiapan itu sangat penting, terlebih lagi ini pertama kali ibu melahirkan, tentu harus ada persiapan fisik dan mental. Harus dibanyakin berdoa agar mentalnya kuat, dan olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi agar posisi bayi segera berubah dan ketika masanya tiba sudah siap dilahirkan.

Persiapan ekonomi dan perlengkapannya. Namanya baru anak pertama  pasti kebutuhannya banyak banget dari mulai baju lah, tempat tidur lah sampai peralatan-peralatan mandi itu yang harus dipersiapkan. Jangan lupa juga persiapan ekonomi buat persalinan ya bund.

Persiapan persalinan dan konsultasi.Suami bunda, harus sigap bila sewaktu-waktu bunda kontraksi. Kalian berdua juga harus merencanakan, mau dibawa ke mana besok saat kelahiran tiba. Tempatnya harus pasti, kemudian sebelumnya lakukan juga konsultasi agar dapat diketahui penanganannya apakah harus melahirkan secara normal atau operasi.

Perlunya USG bagi ibu. Perlu juga sih untuk melihat kondisi bayi kita, bisa juga melihat jenis kelamin janin yang ada di perut kita bund. Lakukan USG bersamaan dengan konsultasi ya bund. Dulu saya juga melakukan USG, dan diperkirakan akan lahir di hari keberapa gitu, saya lupa. Wkwk. Tapi tidak jauh-jauh kok dari perkiraan dokter.

Saat melahirkan. Nggak bisa diceritain gimana rasanya saat melahirkan , intinya awesome banget bund. Pengalaman pertama melahirkan. Yang penting yakin, dan sebelum itu minta doa dulu ke orang tua, kerabat sama suami kalau bisa tetap di sisi kita.

Setelah lahir dan memiliki seorang anak perempuan. “Menjagamu adalah pekerjaan paling membahagiakan selama hidupku."

Ketahuilah anakku, kedatanganmu membawa kegembiraan yang tak pernah ternilai. Dari bayi sampai kau dewasa. Aku menyayangimu, aku berharap kau menjadi anak yang berbakti dan berguna bagi nusa dan bangsa.

Kupertaruhkan nyawaku saat melahirkanmu, dan kucurahkan kasih sayangku untuk menjagamu. Beberapa hal di bawah ini semoga saja menginspirasi para bunda-bunda muda yang baru menikah dan ingin memiliki momongan.

Bayi nangis itu biasa, harus sabar kuncinya.Memiliki seorang bayi pertama kali memang harus sabar, karena sebelum-sebelumnya belum pernah merawat seorang bayi. Jadi harus belajar dan terus belajar. Terkadang ketika dirimu waktu masih bayi menangis dalam waktu yang lama, tidak jarang pula menangis di tengah malam. Harus sabar dan pandai-pandai bagaimana menyiasati agar bayi cepat diam.

Menyusui selama dua tahun.Air ASI adalah nutrisi terbaik sepanjang masa, bahkan tidak dapat ditemukan di makanan dan minuman apapun yang dapat menggantikan ASI. Buat bunda yang ingin anaknya sehat dan cerdas, menyusuinya selama dua tahun yaa. He he. Itu juga saya lakukan.

Jika boleh meminta lebih baik ibu yang sakit daripada dirimu yang sakit. Siapa yang tega melihat anaknya sakit, seorang ibu pasti tidak tega kan. Biar bunda saja yang sakit menggantikanmu, tak tega aku melihatmu sakit. Bener nggak bund? Bila anak sakit harus dikasih penanganan yang tepat, yang pasti kalau saya jangan dikit-dikit dikasih obat, lebih baik dikasih vitamin agar anak dengan sendirinya melawan penyakitnya. Misal sakitnya hanya flu atau demam lho ya. Lebih baik ya tetap di periksakan ke dokter.

Bund, jangan lupa imunisasi ya. Anak perlu dilakukan imunisasi agar lebih tahan terhadap berbagai penyakit. Pastikan sebagai ibu yang baik kalian harus membawanya ke dokter untuk imunisasi, pasti nanti dokter kasih jadwal kapan dan umur berapa anak harus imunisasi. Yang penting bunda tidak lupa aja.

Ajari dia ngomong. Biar jadi bunda yang baik, bunda harus interaktif dan komunikatif dengan akan. Ajak dia ngobrol agar cerdas dan pinter ngomong. Ingat, anak itu meniru apa yang dia lihat, apa yang di dengar.

Ajari duduk, merangkak, berdiri hingga berjalan. Sudah menjadi kewajiban orang tua mengajari anaknya, dari mulai duduk, merangkak, berdiri hingga berjalan. Dalam proses ini pastikan anak selalu dalam kondisi aman ya bund, jangan sampai membahayakan si kecil.

Merawatmu adalah pekerjaan terindah sepanjang hidupku. Merawat seorang bayi memang menyenangkan, dari mulai memandikan, menggendong, menyusui, menyuapi sampai segala hal yang berhubungan dengan bayi. Jika semua itu dilakukan dengan ikhlas, maka akan menjadi sesuatu yang membahagiakan dan mendatangkan berkah.

Sampai kamu dewasa pun aku tak kenal lelah aku menjagamu. Sampai kau kini dewasa naluriku sebagai seorang ibu tidak akan pernah hilang, peduliku masih sama seperti yang dulu, sayangku masih sama seperti yang dulu, kasihku masih sama seperti yang dulu. Karena kau tetap jadi anakku, tidak berubah.

Kasih sayang seorang ibu tiada batas dan tak pernah tergantikan, ibu adalah sosok yang tak kenal lelah merawat dan menjaga anak-anaknya. Dari mulai belum lahir sampai ia dewasa. Bahkan ketika seorang anak sudah memiliki pasangan hiduppun, seorang ibu tetap mengasihi anaknya dan menganggap bahwa anaknya adalah anak seperti yang dulu ia rawat sejak kecil.

Hal-hal di atas tentu tidak dapat mewakili jasa seorang ibu kepada anaknya, karena begitu banyaknya jasanya. Bahkan tulisan sepanjang apapun tak akan pernah selesai untuk menulis jasa-jasanya karena jasa-jasanya tak pernah terhitung dan tak pernah ternilai sepanjang masa. Sebagai seorang ibu saat ini, saya juga mencintai ibu saya. Love you, mom.

 

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading