Sukses

Lifestyle

Ladies, Jalankan Bisnis Musiman Pun Bisa Sukses Kok, Ini Tipsnya

Bisnis kuliner bisa dibilang adalah bisnis yang paling cepat berubah trennya. Setelah kejayaan capuccino cincau dan King Mango, masyarakat Indonesia keranjingan dengan es kepal Milo. Dessert yang berasal dari Malaysia bernama 'Ais Kepal Milo' ini menjamur dari kota hingga pedesaan di pertengahan awal tahun 2018 ini. Hampir setiap sudut jalan terdapat penjual es kepal Milo.

Namun, hype dessert yang terbuat dari es batu serut dengan 'saus' campuran Milo dan susu kental manis ini perlahan-lahan meredup. Mungkin kehebohan es kepal Milo hanya 4-5 bulanan saja. Siklus khas bisnis kuliner musiman. Beberapa pelaku bisnisnya pun mengaku telah 'gulung tikar' dan merugi karena sudah terlanjur membeli mesin serut dan booth dengan biaya yang tak sedikit. Apakah Ladies dan Mom salah satunya yang menjalankan bisnis ini?

Lalu, bagaimanakah agar bisnis musiman yang dijalankan mampu meraup sukses meski usianya tak panjang? Berikut tips yang tim Vemale lansir dari Liputan 6:

Foto: copyright pexels.com

Pintar melihat peluang

Bisnis musiman hanya berjalan dalam periode waktu tertentu yang biasanya jangka waktunya tak panjang. Di sinilah kamu harus pintar melihat peluang. Cobalah mengintip dari social media atau pembicaraan di grup-grup tentang apa yang menjadi tren lalu manfaatkan momen semaksimal mungkin. Semakin gercep (gerak cepat), makin baik.

Bidik pasar yang sesuai

Dalam berbisnis, penting untuk menentukan target pasar. Dengan menentukan target pasar, kamu dapat merinci strategi yang akan dijalankan. Termasuk menentukan harga beli dan harga jual. Tentukan target pasar yang spesifik agar lebih mudah mempromosikan bisnismu.

Kualitas adalah nomor satu

Meski hanya berjalan selama beberapa bulan, bukan berarti kamu bisa menjual barang yang ala kadarnya. Berikan layanan dan produk yang berkualitas agar pembeli tidak kecewa. Siapa tahu dengan layanan dan produk yang berkualitas di bisnis yang saat ini, kamu mendapat pelanggan tetap yang setia denganmu di bisnis selanjutnya.

Inovasi adalah kunci

Menjalani bisnis musiman memang tak mudah karena biasanya banyak orang yang juga membuka bisnis sama. Selain itu, kamu harus bersiap-siap dengan kemungkinan bisnis tidak berumur panjang. Untuk itu, teruslah berinovasi dan meningkatkan kreativitas agar menjadi pembeda dari bisnis serupa lainnya.

Itu dia 4 tips yang bisa Ladies dan Mom lakukan saat menjalankan bisnis musiman. Semoga dapat memberikan inspirasi ya!

(vem/wnd)
What's On Fimela
Loading
Artikel Selanjutnya
Tinggalkan Gaji Dolar, Seorang Pria Banting Setir Buka Warung Kopi