Sukses

Lifestyle

4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Menyiapkan Dana Pensiun

Ladies, apa cita-cita kamu setelah memasuki usia pensiun? Duduk santai menikmati masa pensiun atau jadi pengusaha setelah pensiun? Hmm, saat memasuki masa pensiun seharusnya kamu bersantai menikmatinya dengan beristirahat. Tidak sibuk memikirkan keuangan dan hal lainnya.

Nah, agar masa pensiun kamu dapat dilalui dengan menyenangkan ada baiknya persiapkan dana pensiun dengan sebaik mungkin. Jangan sampai kamu salah dalam menyiapkan. Yuk, simak kesalahan apa saja yang sering dilakukan saat menyiapkan dana pensiun.

1. Mulai Berinvestasi Saat Usia 30-an

Jika saat ini usiamu menjelang 30-an saatnya pikirkan untuk berinvestasi. Koleksi saham bukan tas atau baju bermerk. Mulailah investasi saat kamu berada di usia produktif. Pikirkan investasi yang sesuai denganmu saat menerima gaji pertamamu.

2. Miliki Rencana Dana Hari Tua

Buat rencana hari tua, kamu ingin melakukan apa, tabungan yang kamu miliki dan aset apa saja yang kamu inginkan. Review rencana kamu setiap tahunnya. Agar kamu tahu sejauh mana rencana kamu itu mulai terlaksana. Kapan memulainya? Sekarang.

3. Tergantung Dana Pensiun dari Perusahaan

Kamu pekerja dan berharap dana pensiun dapat kamu peroleh dari kantor. Big no! Dana pensiun dapat kamu usahakan sendiri. Kamu dapat memperolehnya dari pendapatan pasif dan investasi. Nah, sekarang tahu kan manfaat investasi sejak usia muda?

4. Berpikir untuk Menjadi Pengusaha Setelah Pensiun

Well, nikmati masa pensiun kamu dengan bersantai. Jauh dengan hal-hal yang melelahkan. Berharap jadi pengusaha? Hmm, sebaiknya pikirkan saat pensiun untuk tidak lagi bekerja untuk memenuhi kebutuhan hidup. Nikmati masa pensiun kamu dengan hal-hal menyenangkan.

Nah, ladies demikian 4 hal yang sebaiknya kamu hindari saat menyiapkan masa pensiun kamu. Bagaimana tertarik untuk mencobanya? Selamat merencanakan kebebasan keuangan.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading