Sukses

Lifestyle

Demi Lovato Selamat dari Overdosis Karena Narcan, Apa Itu Narcan?

Demi Lovato merupakan selebriti dunia yang telah dikenal publik dengan sangat baik. Selain cantik, segudang prestasi juga telah diraihnya selama ini. Ngomongin soal Demi, baru-baru ini ia ditemukan tidak sadarkan diri di rumahnya di Hollywood Hills, 24 Juli waktu Amerika.

Demi Lovato mengalami overdosis dan kondisinya langsung turun drastis. Beruntung, seorang temannya menyimpan obat bernama Narcan dan menyuntikkannya ke tubuh Demi sebelum mendapatkan penanganan medis. Wanita ini pun akhirnya bisa selamat dan langsung dilarikan ke rumah sakit di Los Angeles.

Mengenai Demi, ia telah satu bulan kembali mengkonsumsi narkotik setelah selama enam tahun bersih dari narkotik dan alkohol. Ia juga kembali berpesta semalaman, bahkan lupa lirik lagunya sendiri saat manggung di California. Oleh sebab itu temannya menyediakan suntikan Narcan sebagai pencegahan kejadian gawat darurat.

Narcan adalah pertolongan pertama bagi korban overdosis dalam bentuk nasal spray/ copyright narcan.com

Narcan adalah obat pertolongan pertama pada kasus dugaan overdosis. Obat ini akan bekerja dengan membalikkan efek overdosis narkotik. Biasa disebut masyarakat awam sebagai Narcan, sebenarnya ini adalah merk dagang atas obat ini. Kandungan utama dari Narcan ini adalah naloxone.

Obat ini berbentuk spray yang disemprotkan ke salah satu lubang hidung. Ia akan bekerja untuk normalisasi pernafasan orang yang terkena gejala overdosis. Narcan akan bekerja efektif pada kasus overdosis fentanyl, heroine, dan obat pembunuh rasa sakit.

Namun Narcan bukanlah obat penyembuh overdosis. Obat ini hanya akan membantu pasien overdosis mencapai fase sadar. Efeknya hanya akan berlangsung kurang lebih 30-90 menit saja. Untuk penanganan lebih lanjut, pasien tetap harus ditangani paramedis.

Narcan merupakan solusi penyelamat nyawa korban overdosis namun bukan penyembuh/ copyright narcan.com

Narcan bukanlah solusi bagi para pecandu narkotik, ini hanya salah satu solusi saat mengalami overdosis. Dalam beberapa kasus, pasien yang telah diberi Narcan tetap harus diberi pernafasan bantuan. Di Amerika Serikat sendiri masyarakat bisa mengakses Narcan dengan bebas di apotek dan toko obat.

Bahkan pemerintah menyarankan masyarakat memiliki stok Narcan bila terjadi emergensi. Harga Narcan berkisar antara 130-140 dollar (1.8-2 juta rupiah) sedangkan obat generik Naloxone dijual 20-40 dollar (290-580 ribu rupiah) per dosis.

Untuk Demi Lovato, semoga ia bisa segera pulih. Semoga juga ia bisa kembali lepas dari narkotika, minuman beralkohol maupun barang berbahaya lainnya.
Sumber: KapanLagi.com

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading