Sukses

Lifestyle

6 Cara Bicara yang Membuatmu jadi Orang Menyebalkan

Jangan abaikan kebiasaan bicara dengan orang lain, meski tampaknya sepele namun tak jarang orang bisa sakit hati karena kata-kata yang keluar dari mulut kita lho. Dari banyak cara bicara, dilansir dari Reader's Digest, ternyata ini lho yang membuatmu jadi orang menyebalkan.

1. Merusak suasana obrolan
Ketika enak-enaknya bicara namun kemudian kamu menyela obrolan, mengganti topik pembicaraan atau melontarkan jokes yang nggak sesuai. Orang yang merusak suasana percakapan pasti dianggap menyebalkan.

2. Mendominasi percakapan
Semua orang berhak bicara dan didengarkan. Tapi jika kamu tidak mau 'gantian' bicara dan acuh saat temanmu bicara, ini adalah tanda kamu egois, mementingkan diri sendiri dan mau menang sendiri.

3. Sering mengoreksi
Ketika flow perbincangannya sudah enak tapi tiba-tiba kamu menyela untuk mengoreksi pembicaraan, sesekali mungkin wajar tapi jika sudah keseringan, pasti jadi menyebalkan. Banyak teman jadi menjauh karena kebiasaan perfeksionis yang tak perlu ini.

Sekian cara bicara yang menyebalkan/copyright Shutterstock.com

4. Menggunakan kata ganti 'kamu' daripada 'kita'
Ada kalanya kamu perlu menekankan obrolan dengan menunjuk atau menggunakan kata 'kamu'. Tapi alangkah lebih baik jika menggunakan kata ganti 'kita' ketika menceritakan sesuatu. Karena kata 'kamu' terkesan memerintah, menghakimi dan menuduh.

5. Mengakhiri pernyataan dengan pertanyaan
Kalimat yang diakhiri dengan intonasi tinggi di akhir terkadang bisa menjadi menjengkelkan. Kamu seakan menyangka atau memberikan pembelaan, terutama ketika topiknya mengarah pada kesimpulan.

6. Bicara Terlalu Cepat
Bicara terlalu cepat juga bisa mengurangi kenyamanan saat ngobrol. Sebuah penelitian terhadap 1.380 telemarketer menyatakan, tingkat berbicara yang ideal adalah sekitar 3,5 kata per detik. Sesekali selingi dengan jeda untuk membuktikan kamu bukan robot.

Nah, itu dia sekian cara bicara yang ternyata bisa dianggap menyebalkan bagi sebagian besar orang. Nah, kira-kira kamu punya salah satu dari poin di atas nggak ladies?

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading