Sukses

Lifestyle

8 Tanda Lingkungan Kerja Sudah Tak Sehat Buat Kamu

Kantor dan pekerjaan memang menjadi salah satu lingkungan yang paling besar menyumbang stres pada tubuhmu. Tapi ada kalanya kamu harus mengenali mana batasan lingkungan stres yang baik dan yang tidak. Karena lingkungan kerja yang sudah tak sehat bisa berakibat buruk pada kesehatan mentalmu.

Dilansir dari DuitPintar.com, ini sekian tanda lingkungan kerjamu sudah tak sehat dan harus kamu tinggalkan.

1. Birokrasi rumit
Ijin cuti yang dipersulit, penjelasan yang berbelit-belit, perlakuan yang tidak ramah dan peraturan yang terlalu tidak masuk akal bisa jadi membuatmu sulit bergerak dan bersikap. Tentu saja kebijakan setiap kantor bisa berbeda-beda, namun jika dirasa birokrasi terlalu bertele-tele, ini tanda lingkungan kerja yang tak sehat.

2. Tidak konsisten
Ketika melamar kerja di perusahaan tersebut, mungkin kamu dan pihak perusahaan menyepakati sesuatu, entah itu posisi atau gaji. Tapi ternyata setelah kamu masuk kerja, tidak sesuai perjanjian, ini patut dipertanyakan. Apalagi jika kemudian kamu mendapat jawaban tidak masuk akal.

Kerja tanpa istirahat adalah tanda lingkungan kerja tak sehat/copryight Shutterstock.com

3. Pilih kasih
Seharusnya tidak ada perlakuan khusus yang diberikan atasan terhadap karyawan tertentu, tapi jika kamu mengalaminya, apalagi dalam tingkatan yang sudah tidak wajar, mengganggu kinerjamu bahkan membuat citramu buruk, kamu patut mengevaluasi apakah pantas mempertahankan lingkungan kerja seperti ini.

4. Kerja tanpa istirahat
Kamu memang menyetujui bisa bekerja di bawah tekanan, load pekerjaan yang padat pasti akan kamu hadapi, tapi bukan berarti tidak ada istirahat. Jika sudah seperti ini, bisa dibilang tidak manusiawi. Bahkan jika kamu mencintai pekerjaannya, gajinya besar dan mumpuni, itu tak bisa jadi alasan kamu tetap bertahan ketika sudah benar-benar stres.

5. Tidak ada pujian, hanya kritik
Kamu memang perlu dilatih untuk mendapat kritikan pedas, tapi bukan berarti setiap hari mendapat kritikan, bahkan jika kamu melakukan pekerjaan bagus dan benar. Bagaimana pun, kamu juga butuh pujian sebagai motivasi dan meningkatkan semangat kerja. Tapi jika kemudian kamu terus dibikin down, siapa yang tahan coba?

Kenali tanda lingkungan kerja sudah tidak sehat/copyright Shutterstock.com

6. Tidak diberi kesempatan mengutarakan ide
Seharusnya, lingkungan kerja yang baik adalah yang memberimu kesempatan untuk berkembang dan menjadi lebih baik. Hanya karena kamu anak baru, bukan berarti tak bisa mengutarakan ide. Akan lebih baik jika mereka melibatkanmu dalam semua pekerjaan.

7. Sering salah paham
Miss communication bisa terjadi kapan saja, inilah mengapa diperlukan meeting, diskusi dan bicara empat mata dengan teman kerja untuk mengklarifikasi segalanya. Tapi ketika sering terjadi salah paham dan ternyata atasan atau teman kerja mengelak alasanmu dan justru menyalahkanmu, ini tanda lingkungan kerja sudah tak kondusif.

8. Pelecehan
Pelecehan bisa berupa fisik dan verbal. Entah itu kata-kata kasar, melecehkan, merendahkan, atau membully, jika kamu mengalami hal ini, sebaiknya pikirkan lagi apakah ini lingkungan kerja yang kamu harapkan selama ini.

Ada sekian hal yang bisa kamu lakukan jika sudah menghadapi lingkungan kerja seperti ini, tetap bertahan atau resign. Pikirkan mana yang terbaik buat kamu ya ladies.

Sumber: Liputan6.com

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading