Sukses

Lifestyle

2 Jenis Penyakit Menular Seksual Yang Perlu Anda Tahu

Di jaman yang serba bebas seperti sekarang ini, sudah banyak orang yang meninggalkan kesakralan hubungan intim dan menganggapnya sebagai casual body contact saja. Miris, ya, Ladies? Masih di tengah-tengah adat ketimuran Indonesia, seks bebas sudah begitu meluas di berbagai kalangan masyarakat.

Fenomena yang tak lagi baru ini membuat penularan PMS semakin meningkat, namun seringnya tidak dibarengi dengan kesadaran para pelaku seksual aktif dalam pencegahannya. Penggunaan kondom, menurut foxnews.com, adalah cara yang paling mudah dilakukan sebagai langkah pencegahan menularnya PMS. Penggunaan kondom dapat mencegah sekaligus 2 jenis PMS yang ada sekarang ini, yakni:

1. Bacterial
Klamidia dan raja singa adalah dua jenis penyakit menular seksual yang bersifat bacterial. PMS jenis ini bisa ditangani dengan antibiotik untuk mengurangi infeksinya, namun tidak untuk menyembuhkan. Jika seseorang sudah pernah sekali terkena PMS jenis ini dan tidak lantas menghentikan perilaku seks bebas, kemungkinan untuk terkena lagi semakin besar. Kedua penyakit ini bisa menyerang Mr. P dan Ms.V, anus dan juga mulut/tenggorokan. Khusus untuk raja singa, jika terjadi pada wanita dapat menyebabkan kemandulan.

2. Viral
HIV/AIDS adalah penyakit yang paling ditakuti oleh para pelaku seksual aktif. Fakta bahwa penyakit ini juga bisa menular melalui pertukaran cairan tubuh meskipun tanpa sexual intercourse, semakin menambah keseraman penyakit yang satu.
HIV/AIDS tidak dapat disembuhkan, meskipun kini para ahli sedang berusaha keras untuk menemukan vaksin maupun obat yang betul-betul menyembuhkannya. Treatment yang diberikan penderita biasanya hanya untuk sebatas memperkuat daya tahan tubuh sehingga penderita bisa hidup lebih lama.

Oleh: Mazhi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading