Sukses

Lifestyle

Obstructive Azoospermia dan Penyebabnya

Ladies, Azoospermia adalah sebuah keadaan medis yang mebuat seorang pria tidak menghasilkan sperma yang cukup dalam cairan semennya. Akibatnya, pria tersebut tidak akan dapat menghasilkan keturunan, atau mandul.

Azoospermia dapat saja terjadi sejak lahir, tetapi juga dapat timbul ketika seorang pria tumbuh dewasa. Menurut standfordhospital.org, Azoospermia dibedakan menurut penghalang produksi sperma dalam tubuh, yang meliputi Obstructive Azoospermia dan Non-Obstructive Azoospermia.

Obstructive Azoospermia, khususnya, merupakan sebuah kondisi medis dimana pasien sebenarnya mampu memproduksi sperma berkualitas baik namun jalan keluarnya terhalangi sehingga hasil produksi sperma pada semen berkurang kuantitasnya dan tidak memenuhi syarat untuk dapat membuahi telur.

Ladies, Obstructive Azoospermia ini dapat disebabkan oleh:

1. Infeksi
Sebuah infeksi pada testikel, prostat, atau pada bagian lain dalam sistem reproduksi pria dapat menghalangi keluarnya sperma dan menyebabkan azoospermia.

2. Genetis
Beberapa gen yang diturunkan pada bayi baru lahir dapat menyebabkan perkembangan yang tidak normal dan pemblokan pada saluran seksual pria.

3. Trauma, operasi, dan radiasi
Kecelakaan yang terjadi pada bagian perut bawah atau bagian selangkangan dapat menimbulkan cidera pada organ seksual pria. Akibatnya, produksi sperma ikut terganggu karena timbulnya penghalang pada saluran sperma. Selain itu, riwayat operasi atau radiasi pada perut dan bagian seksual, dapat juga menjadi penghambat aliran sperma dan juga produksinya secara normal.

Oleh: Ayu Liskinasih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading