Sukses

Lifestyle

Beberapa Cara Mencegah Terjangkit HIV/AIDS

Didiagnosis menderita HIV/AIDS sepertinya merupakan mimpi buruk bagi semua orang. Hal ini dikarenakan penyakit ini merupakan salah satu penyakit yang paling kronis yang ada di dunia ini. Obat untuk penyakit inipun belum ditemukan hingga sekarang, Hanya beberapa jenis terapi yang bisa sedikit meredakan penyakit mematikan yang satu ini.

Namun, alangkah lebih baiknya jika anda melakukan beberapa tindak pencegahan penyakit yang satu ini terlebih dahulu sebelum akhirnya menyesal ketika penyakit ini benar-benar datang pada anda. Slogan mencegah lebih baik daripada mengobati memang tepat untuk penyakit ini, lebih-lebih karena penyakit ini hanya bisa dicegah dan tidak bisa diobati.

Beberapa cara untuk mencegah HIV/AIDS, seperti yang diungkapkan dalam who.int, adalah
-selalu menggunakan kondom saat melakukan hubungan suami istri sebagai salah satu bentuk perwujudan safe sex
-memeriksakan diri ke dokter secara teratur agar penyakit kelamin menular, termasuk HIV/AIDS, agar penyakit-penyakit tersebut bisa didiagnosis lebih awal sehingga akan dapat pula cepat ditangani
-selalu gunakan jarum suntik yang baru dan steril
-pastikan bahwa sebelum anda mendapatkan transfuse darah, darah yang anda dapatkan tersebut sudah dites dan bebas dari HIV

Langkah-langkah pencegahan ini tidak hanya untuk diketahui belaka, tetapi juga untuk dilakukan. Dengan melakukan cara-cara ini, kemungkinan anda untuk terjangkit HIV/AIDS akan semakin kecil. Anda mungkin juga bisa terbebas dari terjangkit penyakit berbahaya ini.

Oleh: Meilia Hardianti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading