Sukses

Lifestyle

Mitos Payudara Besar Rentan Kanker? Itu Benar!

Ladies, payudara besar sering dianggap sebagai simbol keseksian dan daya tarik seorang wanita. Pada wanita khususnya, payudara adalah salah satu organ paling pribadi. Penting artinya memeriksa kondisi payudara secara berkala. Benjolan, penebalan, dan perubahan warna kulit menjadi kemerahan patut diwaspadai sebagai indikasi kanker.

Akhir-akhir ini, sebuah penelitian baru-baru ini mengungkap bahwa wanita dengan payudara besar ternyata beresiko lebih tinggi terkena kanker payudara lho. Dijelaskan pada situs womenshealth.gov, wanita dengan payudara besar lebih cenderung untuk mengembangkan kanker payudara, menurut para ilmuwan. Sebuah penelitian yang dilakukan terhadap 16.000 wanita menemukan mutasi genetik yang terkait dengan ukuran payudara juga terkait dengan penyakit.

Ternyata tidak hanya itu lho, faktor risiko lain yang berpengaruh adalah jika ada riwayat ibu atau saudara perempuan dalam keluarga yang menderita kanker payudara. Risiko kanker payudara juga meningkat seiring dengan bertambahnya usia. Sebuah penelitian juga menemukan wanita yang menderita obesitas lebih berisiko terkena kanker payudara di usia menopause.

Namun, tidak berarti mereka yang memiliki payudara kecil bisa menganggap mereka aman dari penyakit kanker payudara itu. Selain nampak payudara besar sebagai gejala awal dari kanker payudara, masih ada dua faktor yang memicu kanker payudara, yakni faktor eksternal seperti zat-zat kimia, radiasi, sinar ultraviolet, atau pun zat-zat karsinogenik. Sementara itu faktor internal adalah kesalahan sistem penyusunan kembali dalam sel serta kegagalan tubuh memperbaiki diri.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading