Sukses

Lifestyle

2 Faktor Utama Penyebab Keputihan

Ladies, keputihan merupakan hal yang wajar terjadi pada wanita. Keputihan menjadi suatu permasalah klasik pada kebanyakan kaum wanita. Sayangnya sebagian besar wanita tidak mengetahui tentang keputihan dan penyebab keputihan, dan mereka malah yang menjadikan keputihan sebagai hal yang enteng. Padahal jika tidak ditangani dengan baik keputihan bisa berakibat fatal lho.

Ternyata cukup banyak juga yang belum tahu penyebab keputihan pada wanita, bahkan mereka tidak tahu tindakan awal apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya. Keputihan sendiri merupakan masalah klasik yang dialami oleh wanita. Keputihan tersebut disebabkan oleh infeksi yang biasanya disertai dengan rasa gatal dalam organ intim wanita dan di sekitar bibir organ intim.

Seperti yang dijelaskan pada situs nhs.uk, banyak sekali faktor yang menyebabkan keputihan. Berikut faktor yang kerap menjadi penyebab utamanya:
1. Kebersihan
Kebersihan di darerah vagina haruslah terjaga dengan baik. Jika, daerah vagina tidak dijaga kebersihannya akan menyebabkan kelembaban vagina mengalami peningkatan dan hal ini membuat penyebab infeksi berupa bakteri patogen akan sangat mudah untuk menyebarnya.

2. Stres
Semua organ tubuh kinerjanya di pengaruhi dan dikontrol oleh otak, maka ketika reseptor otak mengalami kondisi stress hal ini dapat menyebabkan terjadinya perubahan dan keseimbangan hormon-hormon dalam tubuh dan hal ini dapat menimbulkan terjadinya keputihan.

Meskipun ini merupakan masalah umum alias sudah biasa terjadi pada wanita, namun jangan pernah menganggap keputihan sebagai masalah biasa. Karena selain meyebabkan berlendir dan berbau tidak sedap, keputihan ini juga bisa mengganggu keharmonisan kelaurga Anda, dan akibat parahnya jika ini dibiarkan maka akan menyebabkan kanker servik (leher rahim).

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading