Sukses

Lifestyle

Ketahui Gejala Kanker Payudara pada Pria

Ladies, tahukah Anda bahwa kanker payudara tidak hanya menyerang kaum hawa saja lho, kaum adam juga bisa terserang penyakit ini. Kanker Payudara merupakan salah satu kanker yang paling sering ditemukan pada kaum wanita.

Menurut data statistik, tingkat insidennya menempati kanker di seluruh tubuh 7-10%, merupakan urutan kedua setelah kanker rahim. Insidennya sering dikaitkan dengan genetic dan usia diantara 40-60 tahun. Wanita yang sebelum dan setelah menopause memiliki prevalensi lebih tinggi.

Kanker payudara pada laki-laki bisa saja terjadi, meskipun umumnya terjadi pada wanita. Kanker ini paling umum terjadi pada usia tua. Laki-laki yang terdiagnosis kanker payudara pada tahap awal memiliki peluang untuk dapat sembuh. Seperti dijelaskan pada situs medicinenet.com, tanda dan gejala kanker payudara pada laki-laki antara lain:
1. Benjolan yang terasa sakit atau penebalan pada jaringan payudara
2. Perubahan kulit payudara, seperti lesung, mengerut, kemerahan atau bersisik
3. Perubahan pada puting susu, seperti kemerahan, bersisik atau puting susu masuk ke dalam
4. Keluar cairan dari puting susu

Kanker payudara terjadi 100 kali lebih sering pada wanita dibandingkan pada pria.The American Cancer Society memperkirakan bahwa setiap tahun, sekitar 1.990 kasus baru kanker payudara pada pria akan didiagnosis dan kanker payudara akan menyebabkan sekitar 480 kematian pada pria. Risiko seorang pria terkena kanker payudara adalah sekitar satu dari seribu.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading