Sukses

Lifestyle

Bahaya Keseringan Onani IV: Kebotakan

Ladies, tahukah Anda bahwa rambut rontok adalah efek lain dari onani atau masturbasi yang terlalu sering dilakukan. Jika hal ini tidak segera diatasi, lama-kelamaan akan memicu kebotakan atau penipisan rambut pada pria bahkan juga pada wanita.

Seperti yang dijelaskan pada situs askmen.com, hal tersebut disebabkan ketidakseimbangan hormon yang terjadi jika terlalu sering masturbasi. Penelitian terbaru juga yang menyatakan bahwa peningkatan produksi testosteron dikaitkan dengan produksi Dihydrotestosterone (DHT) yang identik dengan pola kerontokan rambut pria.

Dihydrotestosterone (DHT) diproduksi di beberapa area tubuh, tetapi terutama dalam hati dan kulit termasuk juga rambut. Tingginya kadar Dihydrotestosterone (DHT) dalam tubuh dapat menyebabkan kebotakan dan pembesaran prostat, jika sirkulasi darah terganggu di daerah prostat sehingga menyebabkan akumulasi senyawa tersebut. Dihydrotestosterone (DHT) merupakan turunan dari testosteron yang mempengaruhi pertumbuhan rambut dengan cara mengikat reseptor dalam sel-sel folikel rambut. Ketika hal tersebut terjadi, folikel rambut diinduksi untuk memproduksi rambut tipis dan lebih rentan terhadap kerontokan rambut.

Nah, salah satu supaya tidak terjadi kerontokan rambut ialah dengan membatasi frekuensi masturbasi, supaya membantu menjaga kadar Dihydrotestosterone (DHT) tetap rendah dan menghindari terjadinya kerontokan rambut.

Tapi setidaknya, jika Anda merasakan gejala tersebut cobalah hentikan kebiasaan masturbasi selama beberapa bulan. Lihat apakah cara ini membantu meringankan gejala yang muncul akibat masturbasi berlebihan. Kalau gejala itu masih terasa, maka konsultasikan ke dokter dan cari bantuan medis.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading