Sukses

Lifestyle

9 Tanda Pelaku KDRT

Ladies, beberapa tahun terkahir ini kasus KDRT nampaknya menjadi sorotan utama. Kekerasan dalam rumah tangga adalah perilaku yang digunakan seseorang, termasuk mengancam akan digunakan untuk mengontrol pasangan. Tapi tak jarang kebanyakan kasus korbannya adalah perempuan dan anak.

Seperti yang dilansir pada situs examiner.com, berikut tanda-tanda pelaku melakukan KDRT, yaitu:
1. Cenderung kasar pada semua orang. Misal: pada teman, saat menyetir mobil, di tempat umum, dan keluarga sendiri. Ia mudah tersinggung dan marah, ketika marah bersikap kasar.
2. Dalam keluarganya, kita melihat kebiasaan kekerasan, kurang peduli pada orang lain, mau menang sendiri, tidak mau berbagi. Ayah mungkin memberikan contoh kekerasan dan anak-anak menirunya.
3. Pelaku mungkin egois dan selalu memikirkan kepentingannya sendiri, enggan berbagi. Orang lain yang harus menjaga perasaan dan lebih banyak menyesuaikan diri.
4. Pelaku tidak terlihat kasar saat pergaulan sehari-hari, tetapi terkesan tidak dapat mengendalikan diri saat kecewa atau marah. Bila kecewa atau marah, pelaku dapat bersikap kasar, bertingkah laku membahayakan, dan bahkan membuat orang merasa takut.
5. Pelaku mudah curiga pada orang lain, mudah menyalahkan, banyak berpikiran buruk, khususnya perilaku pasangan.
6. Pelaku posesif dan tidak memberikan ruang pribadi bagi kita.
7. Pelaku cenderung meyakini pembagian peran gender yang kaku, menempatkan laki-laki sebagai penentu.
8. Pelaku tidak menunjukkan penyesalah setelah berbuat salah atau menyakiti orang lain. Ia malah mempersalahkan orang lain atas kekasaran yang dilakukannya.
9. Pelaku senang berjudi, minum dan mabuk, terlibat penggunaan obat-obatan bahkan hingga kecanduan.

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading