Sukses

Lifestyle

Genorrhea (Hati-hati Mandul!)

Ketika sedang asyik menikmati hubungan intim dengan pasangan, sadarkah bahwa bakteri-bakteri dan parasit sedang mengintai? Bagi yang senang berhubungan intim, bahkan berganti-ganti pasangan, hati-hati, diluar sana banyak sekali jalan bagi penyakit menular seksual (PMS).

Dilansir oleh cdc.gov, ada beberapa ciri seorang yang mengidap PMS. Kali ini, untuk lebih spesifik, hanya akan dibahas seputar Genorrhea.

Pada wanita, umumnya gejala penyakit ini sulit sekali diketahui. Namun jika wanita jeli, kemungkinan gejala bisa terdeteksi muncul 7-21 hari setelah terinfeksi. Gejala penyakit ini bersifat ringan, namun untuk beberapa kasus, penderita menunjukkan gejala yang berat seperti desakan untuk buang air kecil, nyeri saat buang air kecil, dan keluarnya cairan berbau tak sedap dari Miss V, dan juga demam.

Infeksi juga menyerang leher rahim, rahim, saluran telur, indung telur, uretera, dan rectum. Biasanya, bila terinfeksi penyakit ini, wanita akan mengalami nyeri pada pinggul saat berhubungan intim.

Pada pria, gejala yang timbul hampir sama dengan wanita. Gejala yang biasa timbul adalah rasa sakit dan perih saat buang air kecil, kadang-kadang pada waktu atau sesudah buang air kecil terasa nyeri beberapa saat. Ciri kedua yaitu cairan berwana kekuning-kuningan atau hijau yang keluar dari Mr. P.

Akibat dari penyakit tersebut, khusunya pada wanita, adalah ketidak mampuan berovulasi secara sempurna. Hanya saja, ini bisa terjadi apabila wanita tidak segera memeriksakan kondisinya pada dokter.

Oleh: Afif Mukminin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading