Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Seksual (1)

Penyakit Menular Seksual atau biasa disebut dengan PMS adalah sebuah penularan berbagai jenis penyakit seksual. Sama halnya dengan penularan penyakit lain, sakit flu, batuk, dll. PMS lebih dikarenakan aktivitas seksual yang tidak bisa dikontrol atau tidak aman sehingga mengakibatkan munculnya penyakit.

Dikatakan oleh Somelus: 2008, PMS atau Penyakit Menulas Seksual telah lama dikenal. Beberapa di antaranya sangat populer di Indonesia, contohnya adalah siphilis dan kencing nanah. Semakin majunya peradaban dan ilmu pengetahuan, penyakit-penyakit baru semakin banyak terdeteksi pula. Beberapa istilah-istilah pun berubah, contohnya venereal diseases berubah menjadi sexually transmitted diseases atau penyakit menular seksual

Penyakit tersebut sebenarnya sangat rawan menyerang. Bahkan, mungkin seseorang tidak menyadari sebelum benar-benar terlambat. Tidak adanya kesadaran ini mungkin karena rasa malu untuk mengobatkan penyakit yang terjadi kepada dokter, mungkin juga malu untuk sekedar bertanya kepada orang-orang terdekat.

Di Amerika Serikat, menurut cdc.gov, Departemen Kesehatan Amerika Serikat pada 2008 mencatat jumlah penderita AIDS mencapai 16.110. Sedangkan penderita PMS tercatat mencapai 20 juta kasus pada tahun-tahun sebelumnya. Lebih meresahkan lagi, 30% dari penderita tersebut adalah remaja!

Yang paling meresahkan Ladies, tidak menutup kemungkinan para penderita tersebut adalah orang-orang terdekat, bahkan Anda sendiri! Jadi, tetap waspada ya, Ladies.

Oleh: Afif Mukminin

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading