Sukses

Lifestyle

Penyebab Dyspareunia dan Penanganannya

Ladies, pernahkah Anda merasakan sakit saat melakukan hubungan suami istri? Rasa sakit itu biasanya disebut dengan dyspareunia. Berdasarkan artikel pada netdoctor.co.uk, ada banyak sekali wanita yang merasa sakit pada saat bercinta. Bahkan menurut sebuah penelitian di Swedia, ada 9,3 % wanita merasa sakit ketika bercinta diantaranya adalah remaja, wanita yang sebelumnya belum pernah bercinta, dan wanita dengan usia diatas 50 tahun.

Ada banyak sekali penyebab rasa sakit itu muncul, misalnya saja karena sugesti dalam diri wanita tentang rasa sakit ketika bercinta karena ukuran Miss V terlalu sempit, atau wanita tersebut pernah mendapat pelecehan seksual sebelumnya. Alasan lain yang menyebabkan rasa sakit itu adalah misalnya Anda memiliki infeksi pada serviks (jika Mr P mengenai serviks, ini pasti akan menimbulkan rasa sakit yang disebut collision dyspareunia), endometriosis (yang merupakan infeksi pada rahim dan dinding rahim yang biasanya terasa sakit pada saat menstruasi), menderita klamidia, atau ketika Anda sedang mengalami kehamilan di luar rahim. Ada juga yang mengaku bahwa penyebabnya adalah kurangnya lubrikan.

Jika Anda ingin menghentikan rasa sakit tersebut, cobalah melakukan konsultasi pada klinik KB dan pilihlah konsultan yang sudah terlatih menangani permasalahan tersebut. Selain itu, melakukan posisi yang nyaman saat melakukan hubungan suami istri juga dapat membantu menghindari resiko merasa sakit. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah perlunya pasangan Anda melakukan pemanasan terlebih dahulu untuk membuat Miss V rileks dan dapat menghasilkan lubrikan alami.

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading