Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Seksual: HPV (VIII)

Beberapa jenis penyakit serius seperti kanker pada organ seksual dapat disebabkan oleh virus HPV. Strategi pencegahan penyakit-penyakit serius tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara. Salah satunya adalah dengan vaksin HPV. Vaksin HPV dapat mencegah terjadinya kanker pada organ seksual.

Selain pencegahan melalui vaksin, beberapa cara lain untuk mencegah gangguan kesehatan yang disebabkan oleh HPV adalah:

Screening secara rutin dapat menurunkan resiko kanker serviks yang disebabkan oleh virus HPV. Screening ini disarankan bagi semua Ladies, terutama Anda yang berusia 21 hingga 65 tahun.

Sementara itu, menurut cdc.gov, oropharyngeal cancer yang juga merupakan sebuah gangguan kesehatan karena virus HPV dapat dicegah dengan menghindari rokok dan membatasi konsumsi alkohol agar tidak sampai berlebihan.

Pemakaian kondom, meskipun tidak sepenuhnya memberikan full protection, juga harus selalu dilakukan selama berhubungan seksual untuk mencegah timbulnya benjolan-benjolan pada organ seksual karena infeksi virus HPV.

Virus HPV yang menginfeksi tubuh seseorang tidak bisa ditanggulangi dengan obat-obatan. Namun, terdapat bermacam-macam treatment untuk menyembuhkan penyakit-penyakit yang disebabkan oleh virus HPV.

Untuk benjolan pada organ kelamin, biasanya tidak terdapat treatment khusus karena benjolan tersebut akan menghilang dengan sendirinya,

Kanker serviks dapat ditangani dan sembuh dengan obat-obatan apabila terdeteksi sejak dini melalui pap smear.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading