Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Seksual: Trichomoniasis (I)

Trichomoniasis adalah salah satu jenis penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi protozoa yang bersifat parasit yang bernama Trichomonas vaginalis. Meskipun penyakit ini kerap menunjukkan gejala-gejala yang cukup jelas, namun kebanyakan pria dan wanita yang terinfeksi penyakit ini tidak menyadari keberadaannya.

Seperti dikutip dari laman cdc.gov, trichomoniasis adalah jenis penyakit menular seksual yang paling mudah disembuhkan. Sebagai gambaran, di Amerika Serikat, terdapat kurang lebih 3.7 juta manusia yang terkena infeksi trichomoniasis, namun hanya 30 persen saja yang menunjukkan tAnda-tAnda berkembangnya gejala trichomoniasis.

Trichomoniasis lebih berpeluang menginfeksi wanita daripada pria, dan kebanyakan wanita yang terinfeksi adalah wanita yang sudah berumur.

Sesuai dengan jenisnya sebagai penyakit menular seksual, trichomoniasis dapat menular dari orang yang terinfeksi kepada orang yang sehat melalui aktivitas seksual. Pada wanita, organ tubuh yang berpeluang besar untuk terinfeksi adalah area genital bagian bawah, seperti Miss V, vulva, dan uretra. Sedangkan pada pria, bagian tubuh yang rawan terinfeksi adalah bagian dalam Mr. P (uretra).

Parasit trichomoniasis jarang sekali menginfeksi bagian tubuh lain seperti tangan, mulut, maupun anus.

Seseorang yang terinfeksi trichomoniasis bisa menunjukkan gejala-gejala penyakitnya. Namun tak semua orang yang terinfeksi mengalami hal yang sama. Hal ini kemungkinan terjadi karena faktor usia dan kondisi kesehatan secara umum.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading