Sukses

Lifestyle

Penyakit Menular Seksual: Trichomoniasis (III)

Infeksi virus trichomoniasis dapat disembuhkan melalui pemberian obat-obatan antibiotik, yaitu metronidazole atau tinidazole. Kedua jenis pil tersebut dikonsumsi secara oral melalui mulut.

Menurut cdc.gov, antibiotik tersebut aman untuk dikonsumsi oleh ibu hamil. Perlu Ladies ketahui bahwa ibu hamil yang menderita trichomoniasis berpeluang untuk melahirkan secara prematur. Bayi yang lahir dari ibu yang terinfeksi trichomoniasis biasanya lahir dengan berat badan di bawah normal.

Namun tidak disarankan untuk diminum oleh orang yang baru saja mengkonsumsi alkohol, karena efek sampingnya dapat membuat tubuh merasa kurang nyaman.

Seseorang yang sudah dinyatakan sembuh dari infeksi trichomoniasis berpeluang untuk kembali terinfeksi lagi. 1 dari 5 orang yang baru sembuh dari infeksi trichomoniasis akan kembali terserang dalam 3 bulan setelah treatment.

Untuk menghindari infeksi trichomoniasis datang kembali, maka ada baiknya jika tidak hanya si penderita trichomoniasis yang diberikan treatment, partner seksnya juga perlu mendapat perawatan.

Sama seperti penyakit menular seksual lainnya, pemakaian kondom ketika berhubungan seksual dapat menurunkan resiko penularan dan penyebaran trichomoniasis. Namun, kembali harus digarisbawahi bahwa dengan memakai kondom bukan berarti bahwa Anda bisa benar-benar terbebas dari trichomoniasis. Pasalnya kondom tidak meng-cover secara menyeluruh.

Sangat dimungkinkan juga bahwa infeksi trichomoniasis dapat menular meskipun Anda telah memakai kondom saat berhubungan seksual.

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading