Sukses

Lifestyle

Gejala HIV dan Penyakit Kulit (III)

Thrush dan Kaposi’s Sarcoma adalah dua jenis penyakit kulit yang kerap diasosiasikan dengan HIV/AIDS. Pasalnya, kedua jenis penyakit kulit tersebut kerapkali muncul pada seseorang yang terinfeksi HIV/AIDS.

Selain dua jenis penyakit tersebut, ada lagi penyakit kulit lain yang juga bisa menjadi indikator bahwa seseorang positif terinfeksi AIDS.

Oral hairy leukoplakia adalah salah satunya. Jenis penyakit kulit ini merupakan sebuah jenis infeksi yang muncul pada mulut yang berupa luka berwarna putih pada samping atau bawah lidah. Penyakit ini disebabkan oleh virus yang bernama Epstein-Barr virus.

Oral hairy leukoplakia dapat berupa luka yang terasa datar dan bertekstur halus pada lidah. Namun pada beberapa kasus ditemukan juga oral hairy leukoplakia yang terasa teksturnya tidak rata dan berbulu.

Pada umumnya, penyakit ini tidak menimbulkan rasa sakit, sehingga kebanyakan penderitanya tidak menyadari dan cenderung mengabaikannya.

Seperti dikutip dari laman webmd.com, oral hairy leukoplakia bisa menghilang dengan sendirinya tanpa adanya treatment khusus. Namun, meskipun bisa lenyap dengan sendirinya, oral hairy leukoplakia bisa datang lagi. Singkatnya, penyakit ini bisa muncul dan pergi berkali-kali.

Oral hairy leukoplakia dapat disembuhkan melalui pemberian obat-obatan. Obat-obatan yang mampu menyembuhkan oral hairy leukoplakia adalah acyclovir, yaitu jenis obat yang biasanya digunakan untuk menyembuhkan herpes.

 

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading