Sukses

Lifestyle

Kondom Sudah Ada Sejak Jaman Mesir Kuno Lho!

Ladies, siapa sih yang tak tahu tentang kondom? Ya, kondom merupakan alat kontrasepsi atau alat untuk mencegah kehamilan dan penularan penyakit kelamin pada saat berhubungan seksual. Kondom biasanya dibuat dari bahan karet latex dan dipakaikan pada alat kelamin pria atau wanita pada keadaan ereksi sebelum berhubungan seksual.

Bicara tentang kondom, tahukah Anda bahwa kondom sudah ada sejak jaman Mesir Kuno lho. Dari catatan sejarah, kondom sudah ada sekitar tahun 1000 sebelum Masehi orang Mesir kuno menggunakan linen. Selain itu, dijelaskan pula pada situs condomerie.com, dipercaya bahwa kondom telah digunakan sejak tahun 100 sampai tahun 200 Masehi lho. Kondom pertama dibuat dari bahan linen, yang digunakan pertama kali untuk melindungi seseorang dari penularan penyakit seksual dan sebagai sarung penganan untuk mencegah penyakit, terutama pada jaman perang. Sayangnya, kondom kemudian lama tak terdengar lagi penggunaannya.

Baru sejak tahun 1500-an, penyakit sifilis menyebar ke seluruh daratan Eropa. Kemudian, Gabrielle Fallopius, seperti dikutip dari Sheknows menemukan bahwa kondom adalah satu-satunya alat yang dapat melindungi dari penularan penyakit seksual, serta mencegah penyebaran sifilis.

Lalu, pada tahun 1700-an, kondom terbuat dari kulit dan usus hewan, dan digunakan untuk mencegah penyebaran infeksi penyakit serta mencegah kehamilan. Di jaman itu, tidak semua orang dapat membeli dan memakai kondom karena harganya masih mahal dan hanya tersedia bagi para bangsawan. Bahkan, saking mahalnya kondom ini pun digunakan lebih dari sekali oleh para bangsawan, dan disebut sebagai “senjata pencegah kepuasan”.

 

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading