Sukses

Lifestyle

Cara Penggunaan Kondom (Part I)

Saat ini, penggunaan kondom dirasa paling ampuh untuk memerangi penyebaran virus HIV. Selain untuk pria, kondom juga dirancang untuk wanita. Terkadang pria merasa kurang nyaman saat kondom merekat pada Mr. P, oleh karena itu dirancang pula kondom wanita.

Seperti yang dilansir womenshealth.gov, ada baiknya bila mengetahui cara penggunaan dan penyimpanan kondom sebelum memakainya.

• Perhatikan tempat untuk menyimpan. Kondom sebaiknya disimpan di tempat yang sejuk dan kering. Jangan menyimpan kondom di dompet maupun di mobil. Suhu yang tidak sesuai bisa merusak kondom.

• Cek tanggal kadaluwarsa. Kondom yang kadaluwarsa sangatlah berbahaya. Selain itu pastikan bungkus kondom tidak robek sebelum dibuka. Saat membuka juga harus berhati-hati, jangan menggunakan gigi atau kuku, bisa-bisa tak hanya bungkusnya saja yang robek, kondomnya juga.

• Pakai saat ereksi. Jangan tunggu sampai Mr. P penetrasi ke miss V, anus, atau mulut. Pakai kondom sebelum berhubungan seks.

• Pilih pelumas yang cocok. Jika ingin menggunakan pelumas, pastikan pelumas ramah dengan kondom. Beberapa pelumas dapat merusak kondom, seperti pelumas dari minyak. Namun, pelumas yang cocok justru dapat memperkuat ketahanan kondom. Jangan lupa, pelumas dioleskan di luar kondom.

• Segera lepas kondom. Sesaat setelah ejakulasi, sebaiknya segera lepas kondom. Melepasnya dari pangkal Mr. P agar sperma di dalamnya tidak tumpah.

• Pakai yang baru. Jika sudah ejakulasi di dalam kondom, segera lepas dan ganti yang baru saat hendak berhubungan lagi. Jangan sekali-kali mencuci dan memakai kondom kembali.

 

Oleh: Noka Dara

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading