Sukses

Lifestyle

Fakta Tentang HIV/ AIDS di Afrika (1)

Afrika oh Afrika, tiada habis cobaan yang dilanda benua satu ini. Ladies, dari 34 juta pengidap HIV positif, 69% berasal dari sub-Saharan Afrika.

Penyebab pastinya belum bisa ditemukan karena memang kondisi yang sangat kompleks di benua Afrika. Permasalahan ekonomi, keterbelakangan dalam berbagai macam hal, konflik dengan saudara sendiri, dan berbagai kemungkinan lain membuat virus ini semakin merebak.

Dilansir oleh dosomething.org, terdapat banyak fakta unik tentang merebaknya virus HIV. Berikut pemaparannya.

1. Lebih dari 1 juta orang dewasa dan anak-anak meninggal setiap tahunnya. Pastinya, hal ini hanya terjadi di Afrika. Lebih ngeri lagi, 91% dari penduduk dunia yang mengidap HIV positif berasal dari Afrika.

2. Karena peralatan serta perlengkapan medis yang tidak mendukung, pengidap HIV/ AIDS tidak bisa diobati secara maksimal. Pada tahun 2010, hanya 5 dari 10 juta pengidap HIV positif yang mendapatkan penanganan.

3. Tahun 2011 lalu, Afrika menyumbang 71% dari total korban HIV/ AIDS.

4. Karena penyebaran virus HIV/ AIDS, umur orang Afrika tergolong pendek, yakni 54 tahun saja. Hal ini berdampak pula pada lemahnya kinerja para pekerja, banyak yang tidak aktif dan berkembang seperti seharusnya. Selai itu juga, karena umur yang pendek, pemberian edukasi juga tidak maksimal karena para senior meninggal.

 

Oleh: Afif Mukminin

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading