Sukses

Lifestyle

Fakta Tentang HIV/ AIDS di Afrika (2)

Kesehatan memang menjadi salah satu isu terbesar di Afrika. Selain itu juga, dilansir oleh globalissues.org, faktor pemimpin wilayah juga mempengaruhi. Entah itu pemimpin yang kurang peduli pada rakyatnya sendiri atau bahkan langkah kurang cerdas yang diambil pemimpin tersebut.

Ambil saja contoh dari seorang pemimpin Afrika Selatan bernama Thabo Mbeki. Presiden satu ini tidak bisa menerima dan tidak mengakui jika virus AIDS yang merupakan virus mematikan dan sudah membunuh banyak sekali penduduk Afrika. Otomatis, kalau pemimpin saja tidak peduli, bagaimana bisa lembaga-lembaga yang mendukung penanganan korban HIV/ AIDS muncul?

Namun, tidak berlangsung lama setelah itu, dorongan dari penduduk lokal dan dari pemerintah dunia muncul. Akhirnya, presiden Thabo Mbeki mengakui keberadaan virus tersebut dan mulai bergerak untuk membasminya.

Pemimpin memang orang pertama yang seharusnya menyadari perubahan dalam masyarakat karena hal itu akan berakibat pada ruang gerak penduduknya. Hal ini berkaitan dengan pengobatan yang diperlukan penduduk Afrika tetapi sangat jarang bahkan sulit didapat. Dukungan pemerintah sangat diperlukan.

Diungkap oleh globalissues.org, multivitamin sangat efektif dalam memerangi dan atau mencegah penyebaran virus HIV/ AIDS. Terutama dalam diri orang tersebut agar virus tersebut tidak semakin menyebar luas.

Selain itu, dalam hal pendidikan seksual kepada masyarakat, pemerintah seharusnya lebih tegas lagi mengingat kurangnya edukasi di benua Afrika.

 

Oleh: Afif Mukminin

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading