Sukses

Lifestyle

Cara Penularan HIV-AIDS

HIV-AIDS merupakan salah satu penyakit menular yang banyak dikenal masyarakat. Penyakit ini dikenal luas karena penyebarannya yang sangat cepat. Sejak ditemukannya penyakit ini 30 tahun yang lalu, ada sekitar 40 juta orang yang mengidap HIV-AIDS. Bahkan, karena penyebarannya yang sangat cepat, tanggal 1 Desember dijadikan sebagai hari AIDS sedunia.

HIV-AIDS merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus. Namun, walaupun disebabkan oleh virus, penyebaran penyakit ini tidak seperti penyebaran influenza atau batuk. Anda dapat terjangkit penyakit ini jika melakukan kontak dengan cairan tubuh seseorang yang positif mengidap HIV-AIDS.

Selain itu, penyakit ini dapat menyebar melalui hubungan seksual dengan seseorang yang terinfeksi HIV AIDS. Oleh Karen itu, HIV-AIDS kerap dikatakan sebagai salah satu penyakit menular seksual. Penyakit ini juga dapat menular jika anda menggunakan suntikan yang sama dengan seseorang yang positif mengidap penyakit ini.

Selain orang dewasa, HIV-AIDS juga dapat menjangkit anak-anak. Menurut laman kidshealth.com, Seorang wanita yang sedang hamil dan mengidap penyakit ini besar kemungkinan anak yang berada di dalam kandungan juga akan terjangkit HIV-AIDS. Untuk itu, menjaga diri seperti tidak melakukan hubungan seksual dengan sembarang orang merupakan hal yang terbaik untuk mencegah penyakit ini.

Sampai saat ini, belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan penyakit ini. Namun, obat yang bisa melemahkan virus HIV agar tidak berkembang dengan cepat telah ditemukan. Sehingga, penyebarannya dapat diperlambat.

 

Oleh: Ratna K.D

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading