Sukses

Lifestyle

Mengenal Lebih Jauh Penyakit HIV-AIDS

HIV AIDS merupakan salah satu penyakit yang cukup dikenal masyarakat. Penyakit ini tergolong sebagai penyakit berbahaya karena berakibat fatal, yakni kematian. HIV AIDS merupakan penyakit yang menular melalui darah atau cairan tubuh lainnya. Penularan HIV AIDS juga bisa terjadi melalui hubungan seksual dengan seseorang yang positif terjangkit penyakit ini.

HIV merupakan kepanjangan dari human immunodeficiency virus, sedangkan AIDS merupakan kepanjangan Acquired Immunodeficiency Syndrome. Penyakit AIDS ini ditularkan oleh virus yang menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Seseorang yang terjangkit penyakit AIDS akan mengalami penurunan sistem imun, karena virus penyebab penyakit ini akan menyerang sel darah putih yang biasa disebut T lymphocyte. Jika perkembangan sel darah putih rusak maka antibody pun akan terganggu.

Setelah virus HIV masuk ke dalam tubuh, virus tersebut akan menyerang sel darah putih secara berkala hingga terjadi kerusakan secara fatal. Sehingga sistem imun pada tubuh akan mengalami penurunan dari waktu ke waktu. Menurut laman kidshealth.org, virus HIV memerlukan waktu bertahun-tahun untuk dapat melumpuhkan sel darah putih secara menyeluruh.

Terkadang, seseorang yang terjangkit HIV AIDS tidak menyadari bahwa dirinya positif mengidap penyakit ini. Karena penyebaran penyakit ini terjadi secara berkala, bahkan bisa membutuhkan waktu bertahun-tahun. Cara untuk mengetahui apakah seseorang mengidap HIV AIDS adalah dengan melakukan tes darah.

 

Oleh: Ratna K.D

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading