Sukses

Lifestyle

Hidup Berdampingan Dengan Penderita HIV-AIDS

HIV AIDS merupakan salah satu penyakit menular berbahaya yang dapat menjangkit siapa saja tanpa terkecuali. Penyakit ini menyebar melalui virus dan menyerang sistem imun atau sistem kekebalan tubuh. Sampai saat ini, para medis belum berhasil menemukan obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini.

Walaupun para medis belum berhasil menemukan obat yang mampu menyembuhkan penyakit ini, mereka telah berhasil menemukan obat yang mampu memperlambat penyebaran virus HIV pada tubuh. Sehingga seseorang yang mengidap penyakit ini masih dapat bertahan selama beberapa tahun dan dapat melakukan aktivitas seperti biasanya.

Karena virus HIV akan menyerang tubuh secara perlahan, maka seseorang yang terjangkit virus ini masih dapat melakukan aktivitas sehari-hari. Namun, karena sistem kekebalan tubuh orang yang mengidap penyakit HIV AIDS sedikit terganggu, maka mereka akan lebih sering mengalami sakit.

Secara psikologis, laman kidshealth.com melansir bahwa seseorang yang mengalami penyakit ini akan menjadi lebih sensitif. Mereka akan lebih mudah marah dan tersinggung. Sebenarnya, hal tersebut disebabkan karena rasa cemas yang mereka rasakan. Mereka takut jika orang-orang di sekitar mereka mengetahui bahwa mereka mengidap penyakit menular mematikan dan akan memperlakukan mereka berbeda.

Untuk itu, jika anda memiliki kawan yang mengidap penyakit ini, perlakukanlah mereka seperti biasanya. Karena semakin banyak orang yang mengidap HIV-AIDS, dan sebagai bentuk solidaritas terhadap mereka, tanggal 1 Desember telah ditetapkan sebagai hari AIDS sedunia.

 

Oleh: Ratna K.D

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading