Sukses

Lifestyle

Menopause dan Penyakit Menular Seksual

Siapa bilang wanita yang menopause berarti bebas dari penularan penyakit menular seksual? Sekalipun anda sudah tidak mengalami menstruasi lagi, masih ada kemungkinan ladies terinfeksi penyakit menular seksual.

Yang perlu anda garis bawahi adalah penularan penyakit menular seksual dapat terjadi kapan saja pada hidup anda selama anda masih aktif secara seksual, resiko penularan penyakit menular seksual tidak akan menghilang begitu saja hanya karena usia anda semakin bertambah atau karena fungsi reproduksi anda sudah tidak sebaik dulu.

Seperti yang sudah anda ketahui bersama, penyakit menular seksual yang tidak ditangani dapat menyebabkan terjadinya infeksi yang serius dan bisa berakibat fatal pada tubuh.

Oleh karena itu, sekalipun anda ladies sudah memasuki masa menopause dan tidak mungkin mengalami kehamilan lagi, ada baiknya jika anda dan pasangan tetap menggunakan kondom selama berhubungan seksual. Pilihlah kondom yang terbuat dari bahan lateks, yaitu bahan yang cukup aman untuk menghindari kebocoran.

Selain itu, jika anda memakai lubricant, pilihlah lubricant yang berlabel water-based. Dengan water-based lubricant, kesempatan berkembang biaknya bakteri pada miss V dapat dihambat. Anda akan lebih sering membutuhkan lubricant ketika sudah memasuki masa menopause untuk mengurangi tingkat kekeringan pada miss V sehingga kegiatan bercinta menjadi lebih nyaman dan tidak terasa sakit.

 

Oleh: Pravianti Ayu Mirantiraras

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading