Sukses

Lifestyle

Penanganan HIV-AIDS

Mendiagnosis seseorang yang mengidap penyakit HIV AIDS dari fisiknya bukanlah perkara yang mudah. Karena memang penyakit ini tidak memiliki gejala atau tanda apapun pada fisik. Menurut laman kidshealth.org, seorang dokter dapat mengatakan bahwa seseorang mengidap penyakit HIV AIDS dengan cara melakukan tes medis.

Tes medis ini dilakukan dengan cara mengambil sampel darah atau air liur pasien. Dokter akan meneliti sampel tersebut untuk mengetahui apakah pasien tersebut terjangkit virus HIV. Karena tidak adanya gejala yang berarti pada fisik, melakukan tes medis merupakan hal yang sangat dianjurkan bagi semua orang , baik yang diduga mengidap penyakit ini atau pun yang hanya memiliki kemungkinan kecil mengidap penyakit ini.

Walaupun HIV AIDS belum bisa disembuhkan, mengetahui adanya penyakit ini pada tubuh sejak awal dapat menolong pasien, karena penanganan sejak dini dapat membuat penyebaran virus HIV menjadi lebih lambat. Virus HIV akan menyerang tubuh secara perlahan-lahan. Seseorang yang mengidap penyakit ini akan mendapati tubuhnya menjadi melemah dari hari ke hari.

HIV AIDS dapat dikategorikan sebagai salah satu penyakit menular seksual karena penyebarannya dapat terjadi melalui hubungan intim. Jika anda melakukan hubungan intim dengan seseorang yang mengidap penyakit ini, besar kemungkinan anda akan tertular.

Untuk itu, agar terhindar dari penyakit mematikan ini, lakukanlah safe sex. Setialah pada pasangan anda, karena bergonta-ganti pasangan dapat memperbesar resiko anda terjangkit penyakit ini.

 

Oleh: Ratna K.D

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading