Sukses

Lifestyle

Puluhan Juta Orang Telah Terjangkit HIV-AIDS

HIV-AIDS merupakan salah satu penyakit berbahaya yang disebabkan oleh virus. Penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang positif mengidap HIV-AIDS. Selain itu, masuknya cairan tubuh seperti darah yang terinfeksi HIV-AIDS juga dapat menyebabkan seseorang tertular penyakit ini.

Sejak ditemukan sekitar 30 tahun lalu, jutaan orang telah mengidap penyakit berbahaya ini. Kebanyakan mereka yang terinfeksi adalah orang dewasa, namun tak sedikit para remaja dan anak-anak. Penyakit ini menyerang sel darah putih yang berakibat pada rusaknya sistem imun tubuh.

Saat ini, HIV-AIDS dapat dikatakan sebagai endemic karena penyakit ini telah menyerang jutaan orang dan dapat menyebar dengan cepat. Laman kidshealth.com pernah melansir bahwa hingga saat ini ada sekitar 40 juta lebih orang di seluruh dunia telah terjangkit penyakit mematikan ini.

Dari 40 juta orang tersebut,diperkirakan 37 juta orang di antaranya merupakan orang dewasa, dan 2,5 juta lainnya adalah anak-anak. Bahkan di Amerika Serikat, ada sekitar satu juta orang yang mengidap penyakit ini.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, HIV-AIDS dapat menular karena adanya kontak langsung dengan cairan tubuh seseorang yang positif mengidap penyakit ini. Cairan yang dimaksud contohnya adalah darah. HIV-AIDS dikategorikan sebagai salah satu penyakit menular seksual karena penyakit ini dapat menular melalui hubungan seksual dengan seseorang yang positif mengidap penyakit ini.

 

Oleh: Ratna K.D

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading