Sukses

Lifestyle

Safe Sex atau Safer Sex?

Melihat penyebaran virus HIV pasti membuat semua pasangan semakin ngeri. Setiap pasangan pasti tak ingin terinveksi virus HIV kan?
Pada dasarnya, tak ada hubungan seks yang aman. Tetapi, untuk mencegahnya, bisa dilakukan dengan seks yang lebih aman. Dilansir oleh womenshealth.gov, terdapat beberapa cara mencegah penyebaran HIV melalui hubungan seksual.
• Tidak berhubungan seks. Hubungan seks yang melibatkan vaginal, anal, dan oral semuanya berbahaya. Namun, resiko bisa dikurangi dengan melakukan seks yang lebih aman.
• Tes. Sebelum berhubungan seksual, ada baiknya Anda dan pasangan mengecek jika ada yang terinfeksi virus.
• Gunakan kondom. Kondom tak hanya digunakan saat vaginal seks saja, namun oral dan anal juga perlu kondom. Pastikan penggunaan kondom benar setiap kali berhubungan seksual. kondom yang digunakan boleh kondom pria atau wanita, salah satu saja. Tetapi, menggunakan kondom pria jauh lebih baik karena telah terbukti kehebatannya dalam mencegah penyakit.
• Jangan berganti-ganti pasangan. Penyebaran virus HIV semakin meningkat bila seseorang berganti-ganti pasangan.
• Penggunaan pengontrol kelahiran tak mencegah HIV. Jika seseorang memakai atau meminum pil pengendali kelahiran atau alat kontrasepsi lain, pastikan memakai kondom atau dental dam karena pengendali kelahiran tak ada hubungannya dengan pencegahan virus dan penyakit.
• Hindari mabuk saat berhubungan seksual. keadaan mabuk dapat membuat seseorang lupa akan keamanan saat bercinta.

 

Oleh: Noka Dara

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading