Sukses

Lifestyle

IUD Tidak Aman Bagi Wanita Muda, Mitos atau Fakta?

Berbagai macam alat kontrasepsi banyak bermunculan yang tentunya membuat Ladies semakin mudah untuk memilih mana yang paling cocok untuk diri Anda. Tidak hanya alat kontrasepsi saja yang banyak bermunculan, tetapi juga berbagai macam mitos yang menyertainya yang belum tentu kebenarannya.

Misalnya saja mitos yang menyebutkan bahwa pil KB dapat menyebabkan berat badan yang ternyata tidak terbukti kebenarannya. Mitos-mitos seperti itu tentunya dapat membuat Ladies bingung dan menjadi ragu saat harus memilih alat kontrasepsi. Tidak terkecuali mitos tentang alat kontrasepsi IUD yang menyebutkan bahwa IUD tidak aman digunakan oleh wanita muda.

Benarkah mitos tersebut? Yuk mari simak ulasannya seperti yang dilansir dari situs health.com. IUD atau intrauterine devices adalah sebuah benda kecil yang diletakkan pada rahim dan dimasukkan melalui serviks atau leher rahim. IUD merupakan alat kontrasepsi yang dapat mencegah terjadinya kehamilan selama kurang lebih 12 tahun.

Sehingga Ladies tidak perlu repot-repot mengonsumsi pil KB setiap harinya saat sedang menggunakan IUD. Dengan kata lain, IUD sangat baik untuk digunakan dalam jangka waktu lama untuk mencegah kehamilan. Sayangnya, sebuah informasi yang ketinggalan jaman menyebutkan bahwa IUD dapat menyebabkan peradangan pada daerah panggul apabila digunakan oleh wanita muda berusia kurang lebih 18 tahun.

Pada faktanya, IUD merupakan alat kontrasepsi yang aman digunakan oleh wanita dari segala usia. Selain itu, IUD juga merupakan alat kontrasepsi yang terbukti efektif untuk mencegah terjadinya kehamilan. So, no need to worry, Ladies.

 

Oleh: Lies Nureni

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading