Sukses

Lifestyle

Serat Candraning Wanita: Wanita Ideal Dalam Sastra Jawa Kuno

Ladies, menjadi wanita ideal adalah keinginan setiap wanita. Demikian halnya dengan wanita pada jaman dahulu di mana mereka juga berkeinginan untuk menjadi sosok yang ideal bagi diri dan juga pasangan. Hal ini terbukti dengan adanya berbagai bahasan mengenai gambaran wanita ideal dalam beberapa karya sastra Jawa Kuno, di antaranya adalah yang dibahas pada bagian Serat Candraning Wanita.

Seperti dilansir dalam primbonasmaragama.blogspot.com, dalam Serat Candraning Wanita, diulas mengenai ciri-ciri wanita, di antaranya adalah merica pecah adalah butiran merica pecah, tasik madu adalah danau madu, sri tumurun adalah dewi yang turun ke bumi, surya surup adalah matahari tenggelam, menjangan (atau macan) ketawan adalah rusa (atau harimau) yang tertawan.
Sumber lain, suaramerdeka.com juga mengulas ciri-ciri wanita ideal tersebut. Mari kita simak seperti apa ciri-ciri fisik wanita tersebut, Ladies.

Mrica Pecah - Butiran Merica yang Pecah
Wanita dalam kategori ini mereka yang memiliki badan yang ramping dan padat, dengan kulit putih dan dengan payudara yang montok. Mereka dapat dengan mudah diterima di berbagai kalangan dan dapat menyimpan rahasia dengan rapat.

Karena itu, wanita dalam kategori ini dipercaya akan membawa kebahagiaan kepada pasangan yang memiliki kedudukan yang tinggi, karena kemampuannya untuk mendampingi suami dalam berbagai kesempatan sekaligus kemampuannya untuk dapat menutup mulut dan menjaga kehormatan sang suami.

Surya Sumurup - Matahari Tenggelam
Wanita ini adalah mereka yang membawa keindahan dan menampilkan keindahan, baik fisik maupun kesetiaannya yang besar terhadap pasangan.

Ciri fisik mereka adalah bibirnya yang berwarna merah jambu, dengan sorot mata yang agak kebiruan, rambut di dahi yang digambarkan kuncup seperti bunga turi, dan alis yang melengkung indah seperti bulan sabit. Tidak hanya itu, wanita ini juga dipercaya sanggup memberikan perlawanan yang berarti dalam urusan pertarungan asmara.

Menjangan (atau Macan) Ketawan - Kijang (atau Harimau) Tertawan
Dalam kategori ini, wanita digambarkan memiliki sifat yang siap dan akan selalu memberikan perlawanan kepada pasangan sehingga mereka tidak akan pernah merasa bosan. Secara fisik, mereka digambarkan memiliki gambaran wajah yang cerah ceria, mata yang terbuka lebar dan terlihat bersemangat, kulit yang bercahaya, sifat yang keras, tapi murah hati dan selalu menolong.

Dari bentuk fisik, mereka juga tergolong agak besar, walau tidak berarti tegap. Satu lagi, mereka adalah wanita yang tidak mudah tergoda dan mampu memberikan kehangatan kepada pasangannya.

Perlu diketahui, Ladies, seorang wanita kadang kala memiliki ciri lebih dari satu. Bagamana dengan Anda, Ladies? Satu hal yang perlu diingat, apapun ciri Anda, tetap menjadi diri sendiri adalah hal yang penting untuk menjadi wanita ideal.

 

Oleh: Rya Ay

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading