Sukses

Lifestyle

Mengenal Gejala dan Penyebab Gymnophobia, Takut Akan Telanjang!

Halo, Ladies! Takut pada benda atau hewan mungkin sudah biasa. Tetapi kalau takut telanjang? Ini baru luar biasa! Beberapa orang di dunia ini mungkin mengalami phobia yang disebut Gymnophobia, yaitu ketakutan berlebihan saat melihat dirinya telanjang. Berikut ini adalah beberapa gejala dan penyebab dari Gymnophobia yang dilansir situs allaboutcounseling.com.

Gejala kelainan ini sebenarnya hampir sama dengan phobia lainnya. Gejala umum yang terjadi yaitu nafas yang pendek dan detak jantung yang tak beraturan. Saat melihat dirinya telanjang, pengidap Gymnophobia akan langsung berkeringat dan mual-mual. Bahkan lebih parah lagi, orang yang menderita phobia ini akan muntah-muntah. Orang-orang yang mengidap Gymnophobia jarang menggunakan kamar mandi atau sekedar berganti baju. Akan tetapi, bukan berarti semua orang yang jarang mandi itu menderita Gymnophobia, Ladies!

Penyebab dari phobia ini adalah perasaan minder dan kurang percaya diri terhadap tubuhnya sendiri. Orang ini akan merasa ‘tidak terlindungi’ saat tidak ada sehelai baju yang digunakan. Bukan hanya itu, penyebabnya juga mungkin karena adanya trauma masa lalu yang membuatnya takut telanjang. Kekhawatiran juga mungkin akan muncul saat melihat orang lain telanjang baik di depannya maupun di dalam film.

Jika kelainan ini tidak segera diatasi, kemungkinan hal ini akan mengganggu hubungan asmara si penderita. Apalagi jika disangkutpautkan dengan seksualitas. Oleh karena itu, si penderita harus segera menjalani pengobatan agar dapat menjalani hidup dengan normal.

 

Oleh: Rani R. Wati

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading