Sukses

Lifestyle

Menariknya Isi Seserahan Pernikahan Ala Korea Selatan I

Seperti kebanyakan negara Asia lainnya, Korea pun mengenal budaya seserahan lho, Ladies. Kalau begitu, seperti apa ya isi seserahan pernikahan para pengantin Korea ini?

Di Korea, seserahan ini juga diberikan oleh pihak keluarga mempelai pria yang diantarkan beberapa waktu sebelum hari pernikahan dilangsungkan. Bahkan, pada zaman dahulu, acara seserahan ini juga sekaligus menjadi hari dimana tanggal pernikahan ditentukan.

Dilangsir dari asianinfo.org, isi seserahan ini akan diletakkan dalam dalam sebuah boks yang disebut dengan hahm. Nah, disinilah letak keunikan seserahan ala Korea ini, Ladies. Para kerabat yang mebawa kotak hahm berisi seserahan ini akan berjalan menuju rumah sang mempelai wanita dengan wajah yang dicat hitam.

Kemudian, mereka akan menyerukan, “Beli Ham! Siapa mau? Ham dijual, dijual!” dengan riuh. Ham ini tidak akan diberikan kepada orangtua sang mempelai wanita hingga mereka menukarkan sejumlah uang dan anggur. Biasanya, akan terjadi keributan dan keramaian di tengah prosesi “jual-beli” dan tawar menawar ini.

Tentu saja, hal ini tidak serius ya Ladies, namun merupakan bagian dari tradisi Korea Selatan. Nah, setelah ham ini diberikan, selanjutnya ibu mempelai wanita akan membuka dan memeriksa apa saja isinya.

Secara tradisional, biasanya kotak ham ini akan berisi hadiah atau yemul berupa perhiasan serta kain merah dan kain biru yang panjang, untuk dibuat sebagai hanbok. Namun, dewasa ini, hadiah seserahan tersebut semakin longgar dan bervariasi.

Seperti yang dilangsir ehow.com, seserahan ini kini dapat berupa kain sutra, jam tangan, mobil, rumah, hingga kartu keanggotaan sebuah klub berkuda! Tidak jarang, pihak mempelai pria menghabiskan lebih dari 30 hingga 40 ribu dolar hanya untuk hadiah seserahan ini saja! Wow, jumlah yang lumayan fantastis ya, Ladies?

Oleh: Adienda Dewi Saraswati

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading