Sukses

Lifestyle

Kenali STI Lebih Lanjut

STI atau sexually transmitted infections (infeksi menular seksual) memang membayangi kehidupan para pelaku seksual aktif. Tapi, Ladies, sebenarnya seberapa paham Anda mengenai STI ini? Berikut merupakan fakta-fakta terkait STI disadur dari health24.com yang harus Anda ketahui sehingga tidak perlu merasa cemas dan terburu-buru mengunjungi dokter ketika Anda merasa tidak nyaman pada area genitalia.

1. Pertimbangkanlah kondom.
Menggunakan kondom selama oral seks dapat meminimalisir seseorang terjangkit STI.

2. Klamidia menyerang.
Wanita dewasa sangat rentan terjangkit penyakit ini, terutama pada negara-negara berkembang. Penyakit ini dapat menyebabkan kemandulan, maka dari itu berhati-hatilah dengan bahayanya.

3. Dari ibu ke anak.
Ibu yang tengah hamil dan mengidap STI, dapat menularkan penyakitnya pada janin yang dikandungnya.

4. Lindungi semuanya.
Pelindung gigi (untuk oral seks) dan juga kondom berbahan latex, akan membantu perlindungan diri dalam melawan STI.

5. Resiko kanker serviks.
Resiko ini akan meningkat karena infeksi dari human papilloma virus. Wanita yang didiagnosis terjangkit HPV harus melakukan pemeriksaan ‘pap smear’ setiap enam bulan.

6. Kapan waktu terbaik untuk melakukan tes?
Jika Anda diduga terjangkit HIV/AIDS, tunggulah selama 3 sampai 6 bulan untuk melakukan tes agar tubuh Anda menyiapkan antibody melawan virus tersebut. Tapi perlu diingat bahwa dalam waktu tersebut virus tetap dapat menyebar.

7. Infeksi yang tidak dapat disembuhkan.
Herpes, luka pada organ seksual, dan HIV tidak dapat disembuhkan. Melakukan perawatan hanya akan memperlambat penyebaran virus, tapi tetap belum ada obat yang betul-betul dapat menyembuhkan.

 

Oleh: Fadhila Eka Ratnasari

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading