Sukses

Lifestyle

5 Alasan Pentingnya Sex Education

Bunda, Anda mempunyai anak remaja? Iya, anak remaja adalah masa peralihan dari masa kanak-kanak ke masa dewasa. Perlu Anda ketahui bahwa ada beberapa hal yang perlu diperhatikan ketika berbicara kepada anak remaja, terutama yang berhubungan dengan seks. Di sini peran orang tua sangat diperlukan guna menyampaikan pendidikan seks yang tepat kepada anak Anda.

Banyak orang menganggap tabu jika membicarakan tentang seks kepada anaknya, bahkan dianggap sex education akan mendorong remaja untuk berhubungan seks. Parahnya, sebagian besar masyarakat masih perpandangan dengan pendidikan seks seolah menjadikannya sebagai suatu hal yang vulgar, padahal mindset tersebut salah kaprah lho.

Nah, berikut ada beberapa alasan mengapa pendidikan seks sangat penting kepada para remaja seperti yang dilansir pada situs optionsforsexualhealth.org, di antaranya:

1. Mencegah penyimpangan dan kelainan seksual anak.

2. Mengatasi gangguan psikis anak.

3. Memberi pengetahuan dalam menghadapi perkembangan anak.

4. Menjelaskan akan bahayanya melakukan seks bebas.

5. Memelihara tegaknya nilai-nilai moral sejak dini.

Mungkin Anda baru menyadari betapa pentingnya pendidikan seks karena saat ini banyak sekali kasus pergaulan bebas muncul di kalangan remaja. Pergaulan bebas saat ini dipicu dengan semakin canggihnya kemajuan teknologi, dan juga karena faktor perekonomian global. Bunda juga harus tahu, masa remaja adalah masa didominasi dengan masalah-masalah seks.

Maka dari itu, Anda sebagai orang tua harus mengajarkan dan memberi pendidikan seks yang tepat pada anak Anda, jangan pernah malu untuk memberikan penjelasan pada anak Anda, supaya kelak anak Anda tidak terjerumus pada pergaulan bebas yang tidak diinginkan.

 

Oleh: Ismaya Indri Astuti

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading