Sukses

Lifestyle

Arti seserahan dalam Prosesi Pernikahan Adat Solo

Dear Ladies, jika Anda dan pasangan menggunakan prosesi pernikahan adat Solo atau adat jawa secara umum, maka sebelum Anda dan pasangan melakukan akad nikah, Anda akan diberikan beberapa set benda yang dinamakan dengan seserahan atau peningset. Uniknya, benda-benda yang dijadikan peningset atau seserahan itu bukan sembarang benda karena setiap benda yang digunakan mempunyai makna tersendiri.

Nah, apa saja sih makna dari setiap benda yang digunakan dalam seserahan? Kita simak yuk!

Benda pertama yang ada dalam kotak seserahan atau peningset adalah cincin emas. Seperti yang telah ditulis oleh PreweddingkuOK.com, cincin emas melambangkan sebuah ikatan yang tak mempunyai akhir.

Makna ini nampaknya bisa Anda lihat melalui bentuk cincin yang yang melingkar penuh dan tidak memiliki segi ataupun akhir. Diharapkan, cincin ini akan membawa calon mempelai pria ke dalam kebahagiaan kehidupan pernikahan yang tidak akan pernah berakhir.

Benda selanjutnya yang dimasukkan dalam kotak seserahan adalah seperangkat busana untuk dikenakan oleh calon mempelai wanita. Nah, salah satu tulisan di situs AnneAhira.com mengungkapkan bahwa makna benda ini adalah agar kedua calon mempelai nantinya akan bisa saling menjaga rahasia rumah tangganya.

Seperti yang ditambahkan oleh salah satu postingan di obatkafe.blogspot.com, hal ini bisa dilihat dari fungsi pakaian yang berguna menutupi bagian-bagian tubuh seseorang yang tidak diperbolehkan untuk diperlihatkan kepada orang lain, Ladies.

Nah, itulah makna dari beberapa benda yang dimasukkan dalam peningset atau seserahan. Semoga bisa menambah wawasan Anda ya, Ladies.


Oleh : Nicko Putra Witjatmoko

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading