Sukses

Lifestyle

Ini Dia Beda Paes Pernikahan Adat Solo dan Jogja

Ladies, pernikahan adat solo dan jogja bisa dibilang merupakan adat pernikahan yang banyak terekspos oleh media. Bila Anda orang Jawa atau tertarik dengan adat Jawa, akan lebih baik bila Anda tahu perbedaannya, jaga-jaga bila Anda ditanya mengenai planning resepsi Anda.

Salah satu perbedaan yang mendasar dari pernikahan adat solo dan jogja adalah rias pengantin, atau yang disebut dengan paes. Dengan menelaah dua situs personal, dapat disimpulkan bahwa paes ageng dan paes solo berbeda dalam dua hal: paes dan saggul.

Berikut adalah perbedaan mendasar tata rias bangsawan keraton yang menurut nationalgeographic.co.id itu jarang dipertontonkan.

Menurut situs ariana-myjourney.blogspot.com, paes Solo memiliki ujung yang tumpul dan cenderung membentuk huruf U. Sedangkan paes ageng Jogya memiliki ujung yang cenderung runcing; seperti perpaduan antara huruf U dan V.

Perbedaan kedua dalam paes Solo dan paes Ageng itu adalah bentuk sanggul. Sederhananya, sanggul pernikahan adat Solo terlihat lebih lebar. Salah satu artis Indonesia yang menikah denga menggunakan paes Solo ini adalah Dian Sastrowardoyo.

Sedangkan untuk sanggul untuk paes ageng, semua rambut diikat ke belakang untuk di cepol. Anisa Pohan dan Siti Ruby Aliya Rajasa adalah dua public figure yang menikah dengan menggunakan paes ageng.

Disisi lain, ada beberapa pihak yang menyebutkan bahwa perbedaan kedua paes ternyata tidak hanya sesederhana itu, Ladies, Situs krisnawedding.blogspot.com, contohnya, menyebutkan bahwa kedua corak juga dibedakan berdasarkan fungsinya.

Kalau sepengetahuan Ladies bagaimana?

Oleh : Nastiti Prima

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading