Sukses

Lifestyle

Beda Paes Ageng di Pernikahan Adat Solo dan Jogja

Ladies, Anda yang memiliki darah Jawa, pasti sedikit banyak tahu tentang paes ageng Solo dan Jogja. Tapi, apakah Anda bisa menyebutkan perbedaam paes ageng pernikahan adat Solo dan paes ageng pernikahan adat Jogja?

Ada beberapa perbedaan mendasar pada paes ageng Solo dan Jogja. Berikut adalah perbedaan dan persamaan paes ageng solo dan Jogya, seperti yang dikutip dari beberapa situs personal para perias pengantin.

Sebelum membahas perbedaan, Ladies harus tahu persamaan keduanya terlebih dahulu. Menurut situs ariana-myjourney.blogspot.com, baik paes ageng Solo dan Jogja sama-sama menggunakan warna paes yang hitam pekat.

Persamaan kedua untuk paes ageng pernikahan adat Solo dan paes ageng adat Jogja adalah mengenai asesoris warna tambahan pada paes. Beberapa perias pengantin mungkin menambahkan garis emas di tepi luar paes ageng. Namun, menurut seniwajah.wordpress.com, beberapa membiarkan tepi paes berwarna hitam begitu saja.

Lalu, apa yang membedakan keduanya?

Perbedaan warna pada kedua paes ageng tidak bisa dibilang signifikan. Namun bila dilihat lebih dekat, paes ageng Jogja memiliki ujung lebih runcing dibandingkan paes ageng Solo. Paes ageng Jogja cenderung berbentuk huruf V, sedangkan paes ageng Solo cenderung berbentuk huruf U dengan ujung tidak runcing.

Perbedaan lainnya ternyata ada pada corak paes ageng itu, Ladies. Menurut krisnawedding.blogspot.com, corak-corak tersebut ternyata berbeda sesuai dengan fungsi dan situasi pernikahan seseorang. Ternyata, paes ageng ini juga berhubungan dengan perhiasan khusus dan juga bentuk baju pengantin.

Ternyata ribet ya, Ladies?

Oleh : Nastiti Prima

(vem/ver)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading