Sukses

Lifestyle

Keputihan? Normal Gak Ya?

Ladies pernah mengalami keputihan? Itu lho, cairan putih yang keluar dari Miss V. Tapi, sebenarnya keputihan itu penyakit atau bukan sih?

Menurut bidanku.com, keputihan itu ada dua ladies. Yang pertama adalah keputihan fisiologis, dan yang ke dua adalah keputihan patologis.

Keputihan fisiologis adalah keputihan yang normal. Keputihan yang normal ini bahkan berfungsi sebagai bentuk daya tahan Miss V terhadap bakteri jahat.

Di situs lainnya, ciricirikeputihan.com, bakteri yang menyebabkan keputihan normal adalah basil doderlein. Bakteri ini bermetabolisme dan menyebabkan Miss V bersifat asam.

Keputihan normal ini terjadi tiga kali pada setiap siklus menstruasi seorang wanita, yaitu pada masa ovulasi, sebelum datang bulan dan sesudahnya. Pada keputihan yang normal, cairan yang dikeluarkan bening dan tidak berbau.

Jenis keputihan yang ke dua adalah keputihan patologis. Apa itu? Keputihan patologis adalah keputihan yang disebabkan adanya infeksi di dalam Miss V. Gejalanya adalah mengeluarkan cairan yang kental, dan putih pekat.

Bahkan, jika sudah parah, cairan bisa berwarna kuning atau bahkan hijau!

Tak hanya mengeluarkan cairan yang bau, Ladies. Keputihan patologis juga menyebabkan rasa gatal dan terbakar pada Miss V. Kalau sudah demikian, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter!

Penanganan yang terlambat dapat meningkatkan resiko terserang penyakit mengerikan lainnya, seperti kanker rahim, atau polip leher rahim. Dalam jangka waktu yang lama, keputihan juga menyebabkan kemandulan. Mengerikan, bukan?

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading