Sukses

Lifestyle

Adab Pernikahan Menurut Hindu di India (2)

Ladies, di artikel sebelumnya kita sudah membahas bahwa upacara pernikahan Hindu di India adalah untuk mencapai kesempurnaan hidup. Salah satunya adalah mencapai kama, yaitu terpenuhinya kebutuhan biologis seorang manusia.

Kita juga sudah mengetahui bahwa macam upacara pernikahan Hindu di India tak lebih dari satu. Sekarang kita akan membahasnya.

Ada 8 pernikahan yang berlaku menurut Agama Hindu di India. 4 adalah tipe pernikahan yang ideal karena religius dan pantas, sedangkan 4 lainnya adalah pernikahan yang kurang pantas dan bahkan ada yang dilarang.

Apa sih tujuannya? Tahan dulu, Ladies. Nanti Ladies juga akan mengetahuinya mengapa Agama Hindu membagi upacara pernikahan hingga 8 macam.

Kita mulai dari yang pertama ya Ladies, masih dipandu laman wikipedia.org. Pernikahan Brahma adalah pernikahan yang dianggap paling tinggi statusnya, karena paling pantas. Pada upacara pernikahan Brahman, seorang ayah melamarkan anak perempuannya kepada calon suami idealnya.

Lalu, dengan persetujuan keluarga dari masing-masing mempelai, mempelai pria dan wanita dinikahkan dengan upacara Weda. Pernikahan Brahma inilah yang paling sering ditemukan di masyarakat India modern.

Jenis pernikahan yang ke dua adalah pernikahan Daiva. Pernikahan ini dilakukan oleh umat Hindu di jaman kuno. Pada Upacara Daiva, seorang ayah menyerahkan anak wanitanya kepada pendeta sebagai bentuk persembahan Yajna darinya.

Masih ada enam jenis pernikahan lainnya, Ladies. Jadi, jangan berhenti membaca, ya.

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading