Sukses

Lifestyle

1 dari 3 Pria Indonesia Pemerkosa?

Ladies, tindak pemerkosaan adalah tindak kriminal di negara manapun. Tapi pernah gak Ladies bertanya-tanya bagaimana ya tingkat pemerkosaan di Asia? Ada hasil survei yang menarik nih, Ladies.

Hasil survei pada cnn.com mengatakan bahwa rata-rata 24 persen pria di Asia pernah memperkosa wanita, baik istrinya sendiri ataupun bukan. Tingkat kasus perkosaan tertinggi adalah di Papua New Guinea yang jumlahnya mencapai 60, 7 persen.

Di peringkat ke dua, percaya atau tidak, adalah di Indonesia! Menurut hasil survei itu 31,9 persen pria di Indonesia pernah melakukan perkosaan. Bukan jumlah yang sedikit, Ladies. 31,9 persen itu berarti 8 dari 25 pria Indonesia pernah memperkosa!

Yang ke tiga adalah Cina dengan jumlah 22,7 persen. Lalu diikuti oleh Kamboja, 20,8 persen dan yang paling sedikit adalah di Bangladesh dengan pelaku yang hanya berjumlah 11,1 persen.

Survei yang dilakukan oleh Partners for Prevention itu memang tak hanya memperhatikan pemerkosaan yang dilakukan oleh pria pada wanita yang tidak terikat pernikahan dengannya, tapi juga pemerkosaan domestik, yang seringkali berujung pula pada kekerasan dalam rumah tangga.

Hal unik lainnya dari survei itu adalah, peneliti tidak menyertakan kata-kata 'memperkosa' pada survei yang diberikan ke responden. Kenapa? coba deh Ladies pikirkan, kalau langsung memakai pertanyaan, "apakah anda pernah memperkosa?" pasti semua responden akan menjawab tidak.

Peneliti memakai pertanyaan seperti, "Apakah Anda pernah memaksa berhubungan seks dengan wanita yang bukan pacar atau istri Anda? Apakah Anda pernah berhubungan seks dengan wanita yang mabuk dan menyetujui perbuatan Anda?" dan, "Apakah Anda pernah memaksa berhubungan seks pada istri atau pasangan Anda ketika dia tidak menginginkannya?"

Nah, dengan pertanyaan pancingan seperti itu, ternyata muncullah angka yang tidak sedikit! Jadi, berhati-hatilah, Ladies. Anda hidup di negara yang 31,9 persen penduduk prianya suka memperkosa!

Kalau agak susah memaknai statistik, ilustrasi kecil ini bisa membantu. Angka 31,9% hampir menyatakan sepertiga. Artinya, jika Anda duduk, bertemu atau bekerja bersama 3 laki-laki, salah seorang di antara mereka hampir bisa dipastikan suka, setidaknya pernah, melakukan tindak pemaksaan seksual tingkat ringan dan atau berat!

That's why you just have to very, and very much, be careful, Ladies!

 

Oleh: Sahirul Taufiqurrahman

(vem/riz)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading